6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

DPRD Toba Paripurna Hari Jadi ke-25 Kabupaten, Dihadiri Para Mantan Bupati dan Sekda

Toba, MISTAR.ID

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Toba menggelar rapat paripurna dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Kabupaten Toba, Sabtu (9/3/24).

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Efendi Paniangan Napitupulu, didampingi Wakil Ketua DPRD Mangatas Silaen dan Candrow Manurung.

Ketua DPRD Toba Efendi Napitupulu membuka rapat paripurna dan menyapa seluruh undangan, seraya menyampaikan sejarah singkat lahirnya Kabupaten Toba Samosir yang dimekarkan dari Kabupaten Tapanuli Utara, serta penetapannya oleh Menteri Dalam Negeri RI pada tanggal 9 Maret 1999 silam.

Baca juga: Peraih Kalpataru Ajak Warga Toba Ambil Nilai Positif dari Kritik Soal Kebersihan

Hari Jadi ke-25 Tahun Kabupaten Toba 2024 ini mengusung tema, ‘Kabupaten Toba Bangkit, Bergerak, Tampil, jadi Pemenang’ dan Sub tema, ‘Satu Tekad Dengan Etos Kerja, Hibas, Padot, Togos (HIPAS), Kita Wujudkan Kabupaten Toba Unggul dan Bersinar’.

Sejumlah undangan istimewa juga hadir yakni para mantan Bupati Toba Samosir dan Bupati Toba sebelumnya yakni, Sahala Tampubolon, Kasmin Simanjuntak dan Darwin Siagian. Juga hadir sejumlah anggota DPRD periode sebelumnya.

Sekdakab Augus Sitorus membacakan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Toba Samosir yang mekar dari Kabupaten Tapanuli Utara.

Dalam kesempatan ini, Augus Sitorus juga menyebutkan para pejabat bupati, sekda, para pimpinan DPRD yang pernah menjabat sejak berdirinya Kabupeten Toba Samosir hingga berganti nama menjadi Kabupaten Toba.

Sementara itu Bupati Poltak Sitorus atas nama pemerintah Kabupaten Toba dan masyarakat, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran segenap undangan.

Baca juga: Poltak Sitorus Ingin Kabupaten Toba Maju dan Unggul dari Kabupaten Tetangga

“Secara khusus, kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para mantan pejabat bupati, sekda, pimpinan DPRD maupun para anggota DPRD atas dedikasinya berjuang membangun Toba. Demikian juga terimakasih kami ucapkan kepada segenap unsur Forkopimda yang berjalan selaras mendukung keberlangsungan pembangunan dalam mewujudkan kemajuan Toba. Serta dukungan seluruh elemen masyarakat Toba untuk ke depannya bersama ‘Bangkit, Bergerak, Tampil untuk menjadi Pemenang’ dalam mewujudkan masyarakat Toba yang sejahtera,” ucapnya.

Poltak menyampaikan, pencapaian kinerja Pemkab Toba di beberapa sektor di antaranya sektor pariwisata, pendidikan dan pertanian.

Saat ini, kata Poltak, ketiga sektor tersebut menjadi prioritas arah kebijakan Pemkab Toba dengan tetap menselaraskan sektor lainnya.

Rangkaian HUT Kabupaten Toba ke-25, sebelumnya telah digelar di Kecamatan Porsea dan Kecamatan Habinsaran bersama kecamatan dan masyarakat terdekat.

Acara puncak hari ini digelar di Lapangan Sisingamangaraja Balige, lokasi yang menjadi venue penyelenggaraan F1 Powerboat dan Aquabike.

Ketua DPRD Toba, Effendi Napitupulu yang akan mengakhiri masa periode tahun ini, saat dikonfirmasi Mistar.id seusai acara menitip pesan kepada para anggota DPRD yang baru agar senantiasa tetap dekat dan peka menampung aspirasi konstituennya.

“Mari kita jadikan lembaga ini sebagai wadah penyampaian aspirasi rakyat yang harus diperjuangkan dengan tujuan mensejahterakan rakyat,” katanya.

Baca juga: Meriahkan HUT Perak, Pemkab Toba Gelar Perayaan di 3 Kecamatan

Kepada Pemkab Toba, Efendi berharap, agar lebih pro aktif melakukan inovasi dan akselerasi turun ke bawah.

“Melihat kebutuhan rakyat, misalnya dibidang sektor pariwisata yang saat ini tengah digalakkan. Banyak sarana dan prasarana yang semestinya difungsikan untuk dikelola rakyat dalam meningkatkan perekonomian. Kami berharap kedepannya pemerintah peka dengan semuanya itu,” pungkasnya.

Paripurna juga dihadiri para asisten pemerintahan, staf ahli, pimpinan OPD, Kabag, Camat, unsur Forkopimda, pimpinan BUMN/Daerah, instansi vertikal, tokoh masyarakat, adat, agama, Ormas, OKP, LSM dan insan pers.(Hotman/hm22)

Related Articles

Latest Articles