20.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Meriahkan HUT Perak, Pemkab Toba Gelar Perayaan di 3 Kecamatan

Toba, MISTAR.ID

Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, kini berusia 25 tahun sejak resmi dimekarkan dari Kabupaten Tapanuli Utara pada 9 Maret 1999. Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Perak kali ini, Pemerintah Kabupaten Toba akan menggelar perayaan di tiga kecamatan, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Informasi yang diperoleh Mistar.id, perayaan hari pertama digelar di Kecamatan Porsea pada Selasa 5 Maret 2024. Untuk hari kedua pada 7 Maret di Kecamatan Parsoburan dan puncak acara digelar di ibu kota Toba, Kecamatan Balige pada 9 Maret 2024.

Untuk diketahui, nama wilayah administratif Kabupaten Toba sebelumnya bernama Kabupaten Toba Samosir. Nama Toba Samosir diambil karena ketika pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Utara masih bergabung dengan Samosir.

Baca juga: Harus Objektif, Bupati Toba Minta Kementerian Jangan Asal Pindahkan Tuan Rumah F1H2O

Saat ini Samosir sudah resmi dimekarkan menjadi kabupaten tersendiri sejak 18 Desember 2003 sesuai dengan UU RI Nomor 36 Tahun 2003.

Imbas pemekaran ini, mulailah didengungkan untuk melakukan perubahan nomenklatur dengan menghilangkan nama Samosir bagi Kabupaten Toba, karena sering kali ada kekeliruan administratif terjadi, termasuk sejumlah bantuan, seperti bantuan ke Kabupaten Toba beralih ke Kabupaten Samosir dan sebaliknya.

Untuk mengantisipasi kekeliruan penyampaian dari pemerintah pusat maka diusulkan perubahan nama ke pemerintah pusat.

Perubahan nama administratif terwujud pada tahun 2020. Nomenklatur Kabupaten Toba Samosir resmi menjadi Kabupaten Toba melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.14/2020 dan PP 13/2020 sebagaimana amanat UU No. 24/2014 tentang Pemerintah Daerah pasal 48 ayat (3) bahwa perubahan nama administrasi wilayah ditetapkan dengan undang undang.

Baca juga: Poltak Sitorus Ingin Kabupaten Toba Maju dan Unggul dari Kabupaten Tetangga

Dalam sambutannya Bupati Toba, Poltak Sitorus mengajak seluruh masyarakat untuk berkolaborasi dengan pemerintah untuk membangun wilayah ini menuju kemakmuran sehingga menjadi kabupaten unggul di Kawasan Danau Toba.

“Prioritas pembangunan kabupaten ini menuju kemakmuran harus sukses di bidang pendidikan, pariwisata dan pertanian,” katanya. (Nimrot/hm22)

Related Articles

Latest Articles