13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Komitmen PLTA Batangtoru Berdampak Positif Bagi Lingkungan dan Masyarakat

Tapsel, MISTAR.ID

PT North Sumatera Hydro Energy sebagai perusahaan pemilik proyek Pembakit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) berkomitmen pada keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Komitmen itu diwujudkan dengan satu kegiatan dengan kolaborasi unik. Yaitu, antara kegiatan Safari Ramadhan dan peringatan Hari Air Sedunia yang digelar halaman SMK Negeri 1 Marancar, pada 21 Maret 2024 lalu.

Selain memaknai nilai kesucian Bulan Puasa, kegiatan itu juga memberikan perhatian pada isu global yang semakin mendesak. Yaitu keberlangsungan sumber daya air.

Baca juga:Proyek PLTA Batangtoru Kembali Makan Korban, 1 Orang TKA Tewas

Arie Dedy selaku Manajer Sosial dan Komunikasi pada wartawan menyebut, dalam semangat kebersamaan, PLTA Batangtoru berinisiatif untuk menggabungkan kegiatan membantu anak-anak yatim piatu, yang berasal dari sekitar area proyek, juga dirangkai dengan mengedukasi masyarakat, terkait pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, terutama air.

Menurutnya, PLTA Batangtoru dengan kapasitas 510 MW,  kegiatan berbagi adalah wujud nyata dari komitmen untuk berkontribusi positif pada masyarakat sekitar dan lingkungan hidup.

“Kami percaya bahwa dengan bersama-sama, kita dapat menciptakan dampak positif yang signifikan,” ucapnya, pada Minggu (24/3/24).

Baca juga:Mobil Operasional Tabrak Tebing, Pekerja Proyek PLTA Batang Toru Tewas

Katanya, acara tersebut melibatkan berbagai kegiatan, mulai dari penyantunan yatim piatu, juga ada ceramah mengenai pentingnya kelestarian lingkungan. Selain itu, ada juga kegiatan sosial dan edukasi terkait dengan tema Safari Ramadhan dan peringatan Hari Air Sedunia.

Arie menyatakan, kegiatan seperti ini tentunya tidak hanya membawa manfaat bagi masyarakat sekitar. Tetapi juga menjadi contoh konkret dari kemitraan yang berkelanjutan, antara perusahaan dan komunitas lokal.

“PLTA Batangtoru berharap, acara itu dapat menjadi titik awal bagi kerja sama yang lebih erat dalam menjaga keberlangsungan lingkungan hidup dan kesejahteraan bersama,” pungkasnya.

Baca juga:PLTA Batang Toru Bantu Perbaiki Irigasi di Tapsel

Untuk diketahui, PLTA Batangtoru adalah salah satu proyek pembangunan di bidang ketenagalistrikan, yang berbasiskan energi baru terbarukan. Juga merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

PLTA Batangtoru menggunakan skema run-off-river, sehingga tidak memerlukan daya tampung air genangan yang besar seperti pembangkit listrik tenaga air lainnya.

Dengan memanfaatkan keunikan arus Sungai Batangtoru, PLTA Batangtoru berkomitmen untuk bisa hadir dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya. (amran/hm16)

Related Articles

Latest Articles