19.5 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Bank Sampah, Lebih dari Menyelamatkan Lingkungan

Medan, MISTAR.ID

Dalam merayakan Hari Lingkungan Hidup, Project Manager Gugah Nurani Indonesia (GNI) Medan – Deli Serdang, Anwar Suhut, mengatakan jika dibutuhkan langkah-langkah konkret untuk menyelamatkan lingkungan, terutama di Medan Belawan.

Salah satunya dengan pengembangan bank sampah. Menurutnya, bank sampah bukan hanya berdampak positif terhadap lingkungan, tetapi juga telah memberikan dorongan signifikan terhadap perekonomian masyarakat.

“Melalui bank sampah, masyarakat dapat meningkatkan pendapatan, mendukung biaya pendidikan anak-anak, dan mengurangi angka putus sekolah di Belawan,” ujarnya di Medan, Rabu (10/1/24).

Baca juga: Lewat Bank Sampah di Sidamanik, Limbah Rumah Tangga Disulap Jadi Pundi-Pundi Rupiah

Lebih dari sekadar menyelamatkan lingkungan, bank sampah dapat memutus mata rantai tingginya angka putus sekolah dan warga lebih memahami kebersihan, juga kesehatan lingkungan.

“Pengembangan bank sampah bukan sekadar simbol, melainkan solusi nyata untuk meningkatkan taraf ekonomi keluarga, sekaligus melestarikan lingkungan,” imbuhnya.

Anwar Suhut berharap langkah konkrit menuju pelestarian lingkungan hidup bisa terus meningkat.

“Saya berharap langkah-langkah ini dapat menjadi inspirasi bagi pihak lain untuk turut berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup yang lebih baik,” pungkasnya. (Hutajulu/hm20)

Previous article
Next article

Related Articles

Latest Articles