9.3 C
New York
Sunday, March 3, 2024

Lewat Bank Sampah di Sidamanik, Limbah Rumah Tangga Disulap Jadi Pundi-Pundi Rupiah

Simalungun, MISTAR.ID

Kelompok ibu-ibu di Nagori Sait Buttu, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, berhasil mengolah limbah rumah tangga menjadi berkah untuk keluarga, Rabu (29/11/23).

Kedisiplinan memilah sampah akhirnya memberi berkah pada diri sendiri dan pemahaman inilah yang ingin diwujudkan.

Bank Sampah yang diciptakan menerima hampir seluruh sisa limbah rumah tangga untuk diolah sehingga memiliki nilai jual tinggi. Bank sampah Simpatik mengelola berton-ton sampah dalam beberapa tahun terakhir.

“Plastik asoy dulu dibuang. Sekarang plastik asoy kalau sudah dibersihkan dan dikumpulkan, bisa dijual ke kita. Kemudian botol plastik, beberapa jenis kertas, minuman kaleng dan seng. Pokoknya kita tampung,” kata Tiamsi Napitu, Sekretaris Bank Sampah Sidamanik.

Baca juga: Pemberdayaan Kelompok Bank Sampah Siantar, Raih PRIA Awards 2023

Tiamsi menyampaikan, besaran dan klasifikasi sampah yang dihargai adalah sebagai berikut : sampah plastik Rp 2000; buku/kertas Rp 1000; besi Rp 5.000; alumunium Rp 18.000; seng Rp 500; dan kaleng Rp 1.500.

“Tidak seperti botot ya, kita di sini namanya Bank Sampah. Kita di sini berdiri dengan dasar kelompok masyarakat. Kita kerja sosial. Jadi warga yang menjual sampahnya, kita hargai,” sambungnya kembali.

Beberapa sampah yang diterima pun akan diolah sedemikian rupa. Seperti sampah plastik kemasan menjadi beberapa produk fashion seperti keranjang, tempat tisu dan lain-lain

Begitu pula dengan pembentukan pupuk kompos dari beberapa sampah nabati, serta beberapa sampah lainnya yang layak dijual ke pengepul besar.

Baca juga: Warga Perumahan BSD Tolak Bank Sampah

Adapun pendirian Bank Sampah Simpatik saat ini berdiri di lahan aset Nagori Sait Buttu ini mendapat bantuan dari Bank Indonesia Kantor Perwakilan Pematang Siantar.

“Kalau per bulan, kita bisa tampung berat sampah total 1,7 ton. Jadi kalau ada seperti produk fashion itu bisa kita olah menjadi souvenir dan kita jual ke warga yang bisa dijadikan sebagai souvenir pernikahan,” pungkasnya. (Hamzah/hm20)

Related Articles

Latest Articles