16.3 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Persiapan Ajaran Baru, Wabup Tinjau SMP di Luat Pahae

Taput, MISTAR.ID

Wakil Bupati Tapanuli Utara (Taput) Sarlandy Hutabarat didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Bontor Hutasoit meninjau kesiapan 6 SMP Negeri di 4 kecamatan yang ada di Luat Pahae, yaitu Kecamatan Pahae Julu, Pahae Jae, Simangumban dan Purba Tua.

Kunjungan petinggi Pemkab Taput ini untuk meninjau dan melihat langsung kesiapan sekolah menjelang tahun ajaran baru 2020/2021, Kamis (9/7/20).

Kedatangan Wakil Bupati disambut Camat bersama Forkopinca setempat, Korwil Pendidikan dan masing-masing Kepala Sekolah. Mereka melihat fasilitas atau sarana-prasarana terutama kesiapan sekolah dalam menjelang proses belajar dengan tatap muka.

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru Siswa di Medan Masih Belajar Lewat Online

Sekolah yang ditinjau, antara lain, SMP N 4 Pahae Julu, SMP N 1 Pahae Julu, SMP N 2 Pahae Jae, SMP N 1 Pahae Jae, SMP N 1 Simangumban dan SMP N 1 Purba Tua.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati mengimbau agar pihak sekolah menyediakan fasilitas sesuai protokol kesehatan, seperti penyediaan tempat cuci tangan.

Juga harus dilakukan pembatasan jumlah siswa dalam satu kelas sesuai Surat Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021.

Baca Juga: Mendikbud Umumkan Panduan Pembelajaran Masa Pendemi Covid-19

Kepala sekolah dan guru juga diminta untuk memerhatikan kebersihan lingkungan sekolah, kerapian dan keindahan sekolah agar proses belajar-mengajar senyaman mungkin.

Juga diminta memerhatikan ketentuan sarana dan prasarana termasuk meubiler serta kelengkapan alat pendukung proses pembelajaran.

“Semua sekolah harus membuat Kartu Inventaris Barang (KIB), Kartu Inventaris Ruangan (KIR) agar aset sekolah terkendali dengan baik,” ucap Wakil Bupati.

Baca Juga: Di Tengah Pandemi, 53 Mahasiswa Indonesia di Wuhan Wisuda Secara Daring

Pada setiap sekolah yang ditinjau, Wabup bersama rombongan menyisir satu per satu ruangan. Wabup selalu menekankan pentingnya kebersihan dan keasrian lokasi sekolah.

“Bagaimana bisa nyaman apabila kondisi sekolah kita tidak asri? Kita harus membuat para siswa merasa nyaman selama berada di sekolah. Selain memberikan ilmu pengetahuan kepada para siswa, kita juga harus membiasakan mereka untuk selalu perduli terhadap lingkungan,” ujanrnya.

Perlu juga dipikirkan agar siswa diberikan pengetahuan bermuatan lokal sehingga anak-anak semakin mengenal dan mencintai daerahnya. Selain itu, pihak sekolah perlu menjalin komunikasi dengan para alumni dari setiap sekolah sehingga ada kebanggan tersendiri termasuk keperdulian terhadap pembangunan kampung halamannya.

“Bapak Bupati, Nikson Nababan selalu menekankan agar sekolah semakin berbenah untuk mewujudkan salah satu visi pemerintah daerah agar Tapanuli Utara sebagai lumbung sumber daya manusia berkualitas,” tambahnya.

Semua perangkat daerah termasuk sekolah, diharapkan harus satu visi dengan pemerintah agar tujuan ini dapat tercapai dengan baik.

“Kita telah meninjau SMP pada beberapa kecamatan dan semua kecamatan akan kita tinjau. Saya berharap apa yang menjadi catatan dan koreksi pada saat peninjauan ini harus segera ditindaklanjuti ke depannya. Setelah rangkaian peninjauan ini selesai akan kita tindaklanjuti dengan rapat evaluasi sesuai data yang ada sehingga akan tercapai perubahan yang signifikan pada peningkatan mutu pendidikan,” tegas Wakil Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan yang didampingi Kabid Pembinaan PAUD Martua Lumbangaol dan Kabid Tendik Tagor Marbun menjelaskan bahwa tahun ajaran 2020/2021 akan dimulai pada tanggal 20 Juli ini dengan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi.

“Kita masih menunggu izin dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka, karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Kita memperkirakan proses belajar-mengajar dengan tatap muka untuk SMP paling cepat dapat dilaksanakan pada 20 bulan ini. Untuk tingkat SD diperkirakan dimulai pada bulan September dan untuk PAUD pada bulan Nopember. Apabila belum ada izin, maka pembelajaran tetap dilaksanakan secara daring,” jelas Bontor Hutasoit. (fernando/hm02)

Wabup Taput meninjau sejumlah SMP Negeri dalam rangka persiapan tahun ajaran baru (f:Fernando/mistar)

Related Articles

Latest Articles