13.5 C
New York
Monday, April 15, 2024

Parbato Dairi Resmi Dibentuk

Dairi, MISTAR.ID

Organisasi Partukkoan Batak Toba (Parbato) Kabupaten Dairi resmi dibentuk sekaligus penetapan ketua, sekretaris, dan bendahara (KSB), Selasa (12/7/22), di kediaman Pardomuan J Manurung, di Jalan Pandu, Kelurahan Bintang Hulu, Kecamatan Sidikalang, Dairi.

KSB terdiri dari ketua Pardomuan J Manurung, seketaris Daniel Sianturi dan bendahara Jogi Sasta Tambunan.

Pembentukan dan penetapan KSB dilakukan langsung oleh penasihat Parbato terdiri dari masing-masing marga khusus dari 5 daerah (luat) asal marga Toba diwakili Kedaulatan Sihombing.

Baca Juga:Ketua Himpunan Masyarakat Batak Toba Sesalkan Pernyataan yang Sebut Ikan Mujahir Hama

Pembentukan dan penetapan resmi KSB Parbato sebelumnya didahului beberapa kali melakukan rapat, dihadiri dan diwakili tokoh masing-masing marga dari Batak Toba, khususnya marga Batak Toba dari 5 daerah (luat) Toba. Yakni, Toba Habinsaran, Toba Silindung, Toba Humbang, Toba Samosir dan marga Toba di Silalahi Sabungan.

Dengan modal semangat dan kepercayaan diri, terutama dalam mempersatukan, memperkuat keeratan silaturahmi antar suku, agama, ras dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi tujuan wadah Parbato, khususnya marga Batak Toba yang ada di Kabupaten Dairi.

Organisasi Parbato Dairi tidak terlepas dari ideologi Pancasila, NKRI. Selanjutnya Parbato dalam waktu secepatnya akan didaftarkan ke Menhumkam RI guna keabsahan legilitas, dan melanjutkan pelantikan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Parbato yang beralamat sekretariat di Kabupaten Dairi.

Pembentukan dan penetapan KSB Parbato Dairi disaksikan dan dihadiri ratusan orang yang terdiri dari perwakilan marga-marga Batak Toba dari 5 luat yang ada di Dairi. (manru/hm14)

Related Articles

Latest Articles