14.7 C
New York
Friday, April 12, 2024

Sungai Jalur Proyek Bangunan Jaringan Pipa Air di Parbuluan Dairi Mulai Dipenuhi Sampah

Sidikalang, MISTAR.ID

Sungai jalur proyek  bangunan jaringan pipa air di Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara mulai dipenuhi tumpukan sampah dan lumpur pasir. Kondisi tersebut mengancam sungai menjadi dangkal.

Tumpukan sampah dan lumpur pasir terjadi karena sampah banyak yang tersangkut di tungku penyangga pipa transmisi.

Pantauan media di aliran sungai Dusun IV, Desa Parbuluan IV, Parluasan, bangunan tungku penyangga dan pipa menghambat sejumlah material yang dibawa aliran air, sehingga menumpuk.

Warga sekitar mengatakan jika proyek tersebut dikerjakan oleh sub kontraktor.

“Kami dengar dikerjakan para sub kontraktor,” ujar warga yang tidak ingin disebutkan namanya.

Baca juga: Proyek Jaringan Pipa Air di Dairi Diduga Tak Sesuai Spesifikasi, Potensi Timbulkan Bencana

Sebelumnya diberitakan mistar.id, proyek pemasangan jaringan pipa air menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2023 yang diperuntukkan untuk pembangunan intake dan jaringan pipa transmisi air baku di Sidikalang dan Siempat Nempu Hulu di Kabupaten Dairi, diduga kuat tidak sesuai spesifikasi. Hal itu turut berpotensi menimbulkan bencana alam.

Munculnya dugaan itu karena konstruksi tungku dari beton untuk penyangga pipa jaringan transmisi dibangun di tengah-tengah aliran sungai, tepatnya di sepanjang sungai yang melintasi Kecamatan Parbuluan.

Kepada mistar.id, sejumlah warga Kecamatan Parbuluan yang meminta namanya dirahasiakan menyebutkan, pekerjaan proyek diduga tidak sesuai spesifikasi dan terkesan asal dikerjakan.

Related Articles

Latest Articles