13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

DPRD Sumut Berjanji Sampaikan Aspirasi Himpaudi Sumut ke DPR RI

Medan, MISTAR.ID

Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut), Irham Buana Nasution yang menerima aspirasi ratusan dari guru PAUD se-Sumut yang tergabung dalam Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Sumut berjanji akan menyampaikan aspirasi mereka ke DPR RI.

Menurutnya secara pribadi mendukung seluruh tuntutan, aspirasi dan keinginan yang dilakukan oleh guru-guru PAUD ini baik dari Himpaudi Sumut dan kabupaten/kota.

“Terutama tututan revisi UU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Tidak ada alasan apapun untuk tidak memasukkan guru-guru PAUD sebagai profesi guru yang diakui secara nasional, secara formal dan harus mendapatkan perlindungan ekonomi, perlindungan sosial, perlindungan hukum, perlindungan politik dari pemerintah di Jakarta,” tegasnya.

Baca juga: Ratusan Guru PAUD Ngadu Ke Gubernur dan DPRD, “Gaji Kami Cuma Rp200 Ribu Perbulan”

Dikatakannya, guru-guru PAUD adalah guru-guru terdepan dalam memberikan nilai-nilai dasar etik, nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai sosial dan mengajarkan kepada semuanya apa yang baik dan buruk.

“Kami mendukung penuh dan kami akan menyampaikan aspirasi ini pada masing-masing fraksi kami di DPR RI. Kepada pemerintah pusat agar nanti dalam pembahasan revisi UU Sisdiknas maka guru PAUD harus mendapatkan jaminan, sehingga bisa sertifikasi,” terangnya yang diaminkan seluruh guru yang ikut berdiskusi siang itu.

Sebab menurut Irham dengan melakukan serifikasi ini guru-guru PAUD tentu mendapatkan penghasilan yang diakui baik APBN, APBD Provinsi dan APBD kabupaten/kota.

“Maka, secara jelas saya mendukung Himpaudi nasional, secara provinsi Sumut dan seluruh di jajaran di kabupaten/kota saya menjadi orang pertama yang akan menandatangani dukungan tersebut,” tegasnya.

Baca juga: Bunda PAUD Gelar Bimtek Membentuk Karakter Anak

Di lokasi yang sama, tampak juga anggota DPRD Sumut lainnya yang mendengarkan seluruh keluhan dari guru-guru PAUD tersebut yakni Harun Mustafa Nasution dari Fraksi Gerindra, Rahmansyah Sibarani dari Fraksi Nasdem, Hendra Cipta dari Fraksi PAN, Roni Situmorang Fraksi Nasdem dan lainnya.

Rahmansyah Sibarani dari Fraksi Nasdem, menambahkan agar apa yang menjadi tuntutan dari guru-guru PAUD ini disampaikan dan meminta pada Komisi E untuk menindaklanjuti pertemuan ini dengan mengundang pihak terkait dari pemerintah daerah kabupaten/kota di Sumut.

“Biar kita berkoordinasi kalau memang regulasinya membolehkan kita di provinsi yang pertama tentu kita lakukan sendiri. Tapi regulasinya ada di kabupaten/kota maka biar didengarkan bupati/wali kota se Sumut. Kami harapkan Komisi E bisa menjadwalkan ulang pertemuan ini nantinya,” tukasnya. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles