14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Dinas Perikanan Sergai Bagikan Kartu Asuransi Nelayan

Serdang Bedagai, MISTAR.ID

Menyusul telah di terbitkannya kartu asuransi nelayan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai (Sergai) melalui Dinas Perikanan Sergai serahkan kartu asuransi nelayan kepada para nelayan yang ada di Sergai secara simbolis.

Sebanyak 304 kartu asuransi nelayan yang di serahkan kepada para nelayan sebagai penerima manfaat di laksanakan di Pantai Sentang yang berada di Desa Sentang, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Sergai pada Jumat (19/5/23).

Menurut Kepala Dinas Perikanan Sergai DR. Claudia Evinta Siregar, kartu asuransi tersebut bertujuan untuk melindungi para nelayan dalam menjalankan aktifitasnya dan menumbuhkan kesadaran para nelayan pentingnya berasuransi.

Baca juga: Tabrak Pasir di Pinggir Jalan, Pengendara Sepeda Motor Tewas Terlindas Truk di Sergai

“Pemberian Kartu Asuransi Nelayan ini bertujuan untuk melindungi nelayan kecil sesuai amanat undang-undang nomor 7 tahun 2016, dan menumbuhkan kesadaran pentingnya berasuransi serta membangun keinginan berasuransi secara mandiri. Seperti yang kita ketahui bersaama pemberian kartu asuransi tersebut tak lepas dari peran serta Bapak Bupati Sergai Darma Wijaya, hal tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada para nelayan khususnya yang berada di Kabupaten Sergai,” ungkap Claudia.

Asuransi tersebut berlaku selama satu tahun dan manfaat dari asuransi ini berupa santunan kecelakaan akibat aktifitas penangkapan ikan yang menyebabkan meninggal dunia sebesar Rp200 juta, kemudian santunan kecelakaan selain aktifitas penangkapan ikan sebesar Rp100 juta dari biaya perawatan lainya namun hal tersebut ada kriteria- kriterianya.

“Meskipun sudah ada asuransi ini, kami berharap kepada para nelayan untuk terus berhati-hati dalam menjalankan aktifitasnya dan tetap mematuhi aturan-aturan dalam melaksanakan aktifitasnya,” tambahnya.

Baca juga: Lagi Bawa 3 Paket Sabu, Seorang Nelayan Diciduk Polisi di Medang Deras

Sedangkan dalam sambutannya, Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang disampaikan Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Nasrul Azis Siregar menyampaikan, bahwa Kabupaten Sergai memiliki sumberdaya hayati dengan keaneka ragaman yang cukup lengkap dengan panjang garis pantai 55 Km tersebut menjadikan sumber penghasilan mayoritas masyarakat pesisir yang ada di Sergai.

“Sekarang ini sebanyak 10.271 jiwa berprofesi sebagai Nelayan, dimana 8.413 jiwa merupakan nelayan penuh dan 1.858 jiwa Nelayan sambilan,” ungkapnya.

“Mayoritas nelayan di Sergai merupakan nelayan tradisional yang menggunakan perahun di bawah 5 GT dan sudah selayaknyalah diberikan perlindungan penuh terhadap pencari rejeki di lautan tersebut, melalui kerja sama antara Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara dengan PT.Asuransi Jiwa Rama Yana Tbk memberikan bantuan untuk nelayan Sergai berupa premi asurasi nelayan sebanyak 304 orang yang tersebar di 5 kecamatan yaitu Kecamatan Perbaungan, Pantai Cermin, Teluk Mengkudu, Tanjung Beringin, Bandar Khalifah,” paparnya. (Boby/hm21).

Related Articles

Latest Articles