8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

FDK UINSU akan Hadirkan Program Studi Baru

Deli Serdang, MISTAR.ID

Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) rencananya akan menghadirkan jurusan baru.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Dekan III Dr Anang Anas Azhar MA dalam sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di SMAN 1 Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang, Selasa (30/01/24).

Sosialisasi ini sekaligus memperkenalkan beberapa Program Studi yang ada di lingkungan FDK UINSU.

Anang Anas Azhar  menjelaskan adapun Program Studi baru yaitu Prodi Umroh dan Haji di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSU yang sebelumnya sudah ada di UIN Imam Bonjol Sumbar dan saat ini status sudah dipersiapkan untuk pengajuan.

Baca juga:PMB 2024 Dibuka, UINSU Sediakan 7.045 Kuota Pada Mahasiswa Baru

“Selanjutnya, ada Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) yang mempelajari tentang bagaimana keadaan dan keberadaan penduduk pedesaan serta bagaimana bisa membangkitkan semangat masyarakat untuk membangun desanya agar maju dan religius,” jelasnya.

Kemudian, terakhir Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) yang sebentar lagi akan berubah menjadi BKI (Bimbingan Konseling Islam) bisa menjadi profesi guru yang membimbing serta menjadi seorang Konselor,” terangnya.

Kemudian, Anang menjelaskan saat ini program studi yang ada di FDK, di antaranya, Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Manajemen Dakwah (MD) dan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI). Keempat prodi tersebut kini sudah memiliki alumni yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Empat prodi ini silakan dipilih ke mana pilihan adik adik untuk kuliah,” ujarnya.

Dia menjelaskan Prodi yang pertama ada Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) yang mempelajari tentang Jurnalistik Islam ada Digitalisasi Islam dan Broad Casting keislaman.

Baca juga:Sidang Kasus Korupsi Ma’had UINSU, Evy Novianti Menangis Bacakan Pleidoi

“Jadi adik adik harus terlibat untuk menguasai teknologi,” katanya.

Selain itu, Anang juga menjelaskan ada 4 jalur bisa masuk ke UINSU untuk siswa/i ikuti sesuai jadwal.

“Ada 4 cara untuk masuk ke UINSU melalui jalur Prestasi, SPAN, SBN- PTN, dan UM Mandiri,” tutur Anang.

Dalam hal ini, Kepala SMAN 1 Kutalimbaru Febriyani menyampaikan rasa terimakasih dan mengapresiasi atas kehadiran pihak UINSU yang telah memperhatikan sekolah tersebut. (dinda/hm06)

Related Articles

Latest Articles