13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Kasus DBD Meningkat, Dinkes Dairi Kembali  Imbau Semua Pihak Bersihkan Pekarangan Rumah

Dairi, MISTAR.ID

Selama tahun 2023 kasus  Demam Berdarah Dengue(DBD)  di Kabupaten Dairi sebanyak 99 kasus. Sementara sejak Januari-Maret 2024,  kasus ini terbilang meningkat dan saat ini sudah sebanyak 35 kasus.

Terkait itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi dr Hendrik Manik didampingi Sekretaris Frisda Turnip mengimbau semua pihak agar  melakukan pembersihan pekarangan dan lingkungan ,dengan cara  3M yakni, mengubur barang-barang  bekas yang dapat menampung air, menutup tempat penampungan air, menguras bak mandi 1×7 hari .

“Daerah  Kabupaten Dairi  statusnya  endemik. Artinya kasus DBD selalu ada ditemukan, namun  kasus tersebut belum kategori kejadian luar biasa(KLB), sehingga kita imbau semua pihak waspada atau pencegahan dini dengan cara budaya bersih lingkungan. Terutama lingkungan sekolah. Sebab anak-anak sekolah rentan mudah tertular. Maka diharapkan peran serta pihak sekolah, ” sebut Hendrik saat dijumpai di kantornya, Rabu (13/3/24).

Baca juga: Terdapat 79 Kasus DBD di Medan Pada Februari 2024

Pihaknya juga meminta kepada pejabat di 18 Puskesmas untuk aktif  monitoring wilayah tugasnya masing-masing dengan tetap melakukan penyuluhan dan sosialisasikan 3M kepada masyarakat, kemudian melakukan  pengasapan atau fogging  dititik terdeteksi sarang dan jentik-jentik nyamuk sembari mendeteksi tempat yang dikenal sebagai Vektor DBD atau  nyamuk aedes betina yag sudah terdeteksi sudah ada berkembang di Dairi.

Terpisah, pihak Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) Sidikalang, Jetra Bakara membenarkan bahwa sejak Maret 2024  hingga saat ini pihaknya menangnai  12 pasien DBD dan sedang menjalani perawatan.

“Dan trombosit pasien rata-rata di bawah normal .Dan sebahagian  berangsur pulih,” kata Jetra .(manru/hm17)

Related Articles

Latest Articles