21 C
New York
Thursday, July 4, 2024

Cegah Anemia Pada Remaja Putri Kurangi Risiko Stunting di Masa Depan

Asahan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, dr. Hari Sapna, menjelaskan pentingnya Tablet Tambah Darah (TTD) untuk mencegah anemia yang sering dialami dan jadi ancaman oleh remaja putri.

“Remaja putri yang berperan sebagai calon ibu di masa depan, perlu menjaga kesehatan dan mencegah anemia agar dapat melahirkan generasi penerus bangsa berkualitas,” kata dr Hari Sapna dalam kegiatan Gerakan Aksi Bergizi yang diikuti 500 siswi remaja putri dari berbagai sekolah di Asahan, Selasa (17/10/23).

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah John Hardi Nasution menekankan pentingnya gerakan ini dalam mencegah stunting dan anemia terutama pada pelajar. John Hardi Nasution juga menyoroti peran vital remaja putri pranikah dalam mencegah stunting.

Baca juga: Sering Kedinginan, Bisa Jadi Anemia hingga Anoreksia

“Remaja putri pranikah adalah wanita usia subur yang harus diberikan perhatian sebelum mereka menikah sebagai upaya edukasi terkait dengan penyakit anemia dan stunting. Jika seorang remaja putri pranikah menderita anemia, maka anak yang dilahirkan berisiko tinggi untuk stunting. Untuk itulah kita akan terus melakukan gerakan ini sebagai langkah pencegahan dini,” ungkapnya.

Sekda juga memastikan jika Pemerintah Kabupaten Asahan akan terus mendukung kegiatan yang memberikan dampak positif kepada generasi muda. (Perdana/hm20)

Related Articles

Latest Articles