18.2 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Bupati Taput Bersyukur Usulan TORA Disetujui Kementerian LHK

Taput, MISTAR.ID

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan menerima kedatangan Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah I Medan Pernando Lumbantobing dan Tim Tata Batas Tanah Objek Reforma Agraria (TORA), di Sopo Rakyat rumah dinas bupati, Senin (7/11/22).

Pertemuan ini dalam rangka penataan batas TORA yang disetujui oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. Hadir mendampingi Bupati Nikson yakni, Kadis Lingkungan Hidup Heber Tambunan dan Kadis Perkim Budiman Gultom.

Dalam SK Menteri LHK telah ditetapkan persetujuan pola penyelesaian penguasaan tanah dalam rangka penataan kawasan hutan (PPPK)/TORA S. 286/MENLHK/SETJEN/PLA.O/10/2022 tanggal 14 Oktober 2022.

Baca Juga:Bupati Taput Salurkan Bantuan Terdampak Bencana Gempa Bumi ke Rumah Ibadah

Bupati Nikson menyampaikan rasa syukur karena perjuangannya menjadi kenyataan. Usulan TORA oleh Nikson untuk membela hak masyarakat akhirnya disetujui oleh Menteri LHK. Selanjutnya, Nikson akan kembali memprogramkan usulan TORA tahun 2023 agar lebih banyak hak masyarakat yang terpenuhi.

Kepala BPKH Pernando Lumbantobing yang membawahi 2 provinsi yaitu Sumatera Utara dan Sumatera Barat menjelaskan, usulan Bupati Taput yang disetujui tersebut seluas 10.095 Ha yang tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara.

Hal ini merupakan usulan terluas yang disetujui oleh Menteri LHK di antara kabupaten-kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara dan Sumatera Barat. (fernando/hm14)

Related Articles

Latest Articles