13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Tiga Hari Beroperasi, 8 Ribu Kendaraan Keluar Masuk Gerbang Tol Tanjung Pura

Langkat, MISTAR.ID

Sedikitnya 8 ribu kendaraan masuk dan keluar di ruas tol Binjai-Langsa seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura selama 3 hari setelah dibuka.

Beroperasinya Jalan Tol Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) nomor 15/KPTS/M/2024.

“Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura dioperasikan tanpa tarif sejak 29 Januari 2024 Pukul 07.00 WIB kemarin,” ujar Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, Kamis (1/2/2024).

Lanjut Tjahjo pelaksanaan pengoperasian jalan tol berjalan lancar dengan antusiasme yang tinggi dari pengguna jalan tol yang ingin melintas.

“Dengan manfaat dan peran strategis jalan tol ini, membuat antusiasme pengguna jalan tol yang ingin melintas semakin tinggi. Dapat dilihat dari trafik kendaraan selama tiga hari dioperasikan, tercatat sebanyak 8 ribu kendaraan melintas yang didominasi oleh kendaraan pribadi atau Golongan I,” ujar Tjahjo.

Baca juga: Tol Kuala Bingai-Tanjungpura Resmi Dibuka Gratis Hingga 3 Januari 2024

Ia pun berharap pengguna jalan tol sudah lebih memahami tata tertib dan aturan di jalan tol. Seperti terkait larangan putar balik di jalan tol, penggunaan bahu jalan dan lainnya.

Tjahjo menambahkan bahwa ruas tol ini merupakan salah satu yang dinanti oleh pengguna jalan tol. Dikarenakan, jika sudah terhubung secara penuh, jalan tol ini dapat menghubungkan dua provinsi yaitu Provinsi Sumatera Utara dengan Provinsi Aceh.

Meski belum bertarif selama masa sosialisasi, PT Hutama Karya mengimbau agar pengguna jalan tetap menyiapkan kartu uang elektronik untuk tapping kartu, dan menggunakan satu kartu untuk satu kendaraan saat memasuki gerbang tol.  (Endang/hm17)

Related Articles

Latest Articles