14.7 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Unggul di 36 Provinsi, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Jakarta, MISTAR.ID

Pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka keluar sebagai pemenang Pilpres 2024 dalam satu putaran. Berdasarkan hasil pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU), mereka memperoleh 96.214.691 suara sah. Selain unggul di 36 dari 38 provinsi, Prabowo-Gibran juga menang di luar negeri.

“Jumlah suara sah pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebanyak 96.214.691 suara,” ujar Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (20/3/24) malam.

Sementara itu, pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meraih 40.971.906 suara. Pasangan ini hanya menang di dua provinsi, Aceh dan Sumatera Barat. Kemudian pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat 27.040.878 suara sah dan tak menang di satu provinsi pun.

Baca Juga : Soal Putusan MK, Ketum PDIP Megawati Tuding TKN Prabowo Gibran Berlaku Curang

KPU menetapkan Prabowo-Gibran menang dalam satu putaran karena perolehan suaranya lebih dari 50 persen suara nasional. Prabowo-Gibran unggul di lebih dari 20 provinsi di Indonesia.

Surya Paloh Ucapkan Selamat

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menerima hasil penghitungan suara Pemilu 2024 yang dilakukan oleh KPU.

“Partai NasDem menyatakan menerima hasil Pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari, baik Pemilu Legislatif maupun pemilihan Presiden dan Wakil Presiden,” ujar Paloh saat konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (f: ist/mistar)

Baca Juga : KPK Bakal Konfirmasi ke Partai NasDem soal Aliran Uang Miliaran SYL

Partai NasDem juga mengucapkan selamat kepada seluruh parpol peserta Pemilu Legislatif dan juga 3 paslon Capres-Cawapres. Tak ketinggalan, dia pun mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran yang dinyatakan memenangkan Pilpres 2024.

“Nasdem mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024,” ucapnya. (cnn/hm24)

Related Articles

Latest Articles