15.4 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Terima 1,1 Juta Lembar Surat Suara Pemilu 2024, KPU Binjai Kawal Proses Sortir dan Lipat

Binjai, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai menerima sebanyak 1,1 juta lembar surat suara dari Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (Sumut) untuk Pemilu 2024. Surat suara tersebut mencakup pemilihan Presiden, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota Binjai.

Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat, Sosialisasi, dan Sumber Daya Manusia KPU Binjai, Arie Nurwanto menyampaikan penerimaan surat suara dilakukan secara bertahap sejak 3 Januari 2024. Proses ini melibatkan berbagai pihak, termasuk KPU Binjai, Bawaslu Kota Binjai, dan Kepolisian.

“Kami menerima 1,1 juta surat suara Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan Kota Binjai dari KPU Sumatera Utara sejak tanggal 3 Januari 2024,” ujar Arie pada mistar.id saat dihubungi, Kamis (11/1/24).

Baca juga : Libatkan Ratusan Warga, KPU Binjai Mulai Melakukan Sorlip Surat Pemilu 2024

Surat suara yang telah diterima akan mengalami tahap sortir dan lipat, yang dilakukan oleh sejumlah masyarakat yang bertugas. Proses ini akan diawasi secara ketat untuk memastikan kelancaran dan keakuratan setiap langkahnya.

“Pada hari pertama sortir dan lipat, KPU Binjai fokus pada surat suara DPR RI sebanyak 220.651 lembar beserta surat cadangan. Proses ini berlangsung dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya,” tambahnya.

Arie yang sebelumnya menjabat sebagai Komisioner Bawaslu Kota Binjai, menjelaskan pada hari pertama sortir dan lipat ditemukan 2 lembar surat suara mengalami kerusakan.

Related Articles

Latest Articles