26.5 C
New York
Sunday, June 16, 2024

Tak Diundang Rakernas PDIP, Jokowi Berkegiatan di Istana Yogyakarta

Jakarta, MISTAR.ID

Pembukaan Rakernas V PDIP yang dihelat di Beach City International Stadium (BCIS) Ancol, Jakarta Utara, hingga 26 Mei mendatang dipastikan tak dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Di tengah kegiatan partai berlambang banteng itu, Jokowi terlihat beraktivitas di Istana Yogyakarta, Jumat (25/5/24). “Kegiatan internal di Istana Jogja,” ujar Plt Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, M Yusuf Permana.

Rakernas V PDIP yang digelar pada 24-26 Mei 2024 akan menjadi yang terakhir sebelum kongres partai yang digelar pada 2025. Mengusung tema Satyam Eva Jayate (Kebenaran Pasti Menang), rakernas akan membahas sejumlah isu strategis. Namun, DPP PDIP memutuskan untuk tidak mengundang Presiden Jokowi dalam agenda Rakernas partai.

Baca Juga : Istana Respons Sikap PDIP Tak Undang Jokowi di Rakernas

Ketua Steering Committee (SC) Rakernas PDIP, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Presiden Jokowi tampak sibuk dan menyibukkan diri. Djarot menyebut partainya juga tidak mengundang Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Djarot menyebut Rakernas PDIP kali ini hanya untuk kalangan internal. Pihaknya akan membahas sejumlah hal strategis, termasuk diantaranya sikap politik PDIP pada pemerintahan mendatang hingga strategi pemenangan Pilkada 2024.

Rakernas kali ini diadakan di tengah keprihatinan partainya terhadap sisi gelap kekuasaan. Mereka menyoroti berbagai upaya manipulasi hukum, dan penggunaan sumber daya negara untuk mengerdilkan demokrasi. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles