19.1 C
New York
Friday, May 24, 2024

DPC Partai Demokrat Siantar Buka Penjaringan Balon Wali Kota dan Wawako untuk Pilkada 2024

Pematangsiantar, MISTAR.ID

DPC Partai Demokrat Pematangsiantar telah melaksanakan rapat internal menanggapi surat DPP untuk membuka penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota (Wawako) dalam Pilkada 2024.

Ketua Tim Penjaringan, Metro Bodyart Hutagaol mengatakan, berdasarkan hasil rapat, penjaringan bakal dibuka sejak 20 April-20 Mei 2024. Hal tersebut mengingat pelaksanaan Pilkada 2024 semakin dekat.

Metro menerangkan, pihaknya membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi masyarakat dan para tokoh untuk mendaftarkan dirinya bertarung merebutkan kursi kepala daerah.

“Kami tidak membatasi siapa yang bakal mendaftar,” kata Metro, Selasa (16/4/24).

Baca juga: Tahapan dan Jadwal Pilkada 2024

Anggota Komisi II DPRD Siantar ini belum merinci persyaratan yang diterapkan mereka untuk mendapatkan dukungan Partai Demokrat.

“Untuk lebih rincinya belum kami rumuskan,” ucapnya.

Namun ia memastikan itu tidak akan jauh dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Kita yang mengajukan, lolos atau tidaknya tetap ada di kewenangan KPU,” ujarnya.

Nantinya nama-nama yang masuk, lanjut Metro, akan dilakukan pengecekan dan pengawasan seperti latar belakang, kesiapan serta kemampuan sosok yang bakal diusung Demokrat.

Baca juga: Partai Golkar Siap Hadapi Pilkada 2024 Tanpa Tahapan Penjaringan di Daerah

“Begitupun survei elektabilitas dan popularitasnya, kita disarankan DPP untuk menggandeng salah satu lembaganya survei dari 3 organisasi,” sambungnya.

Kemudian hasil tim penjaringan akan menyampaikan ke DPD dan DPP untuk kemudian diputuskan. Pun begitu, Metro menyampaikan akan tetap ada pertimbangan-pertimbangan dari DPC. (Gideon/hm20)

Related Articles

Latest Articles