9.8 C
New York
Friday, April 26, 2024

Dinilai Sosok Berpengalaman, Sejumlah PH Dorong Pardomuan Simanjuntak Mencalon Wali Kota Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sejumlah penasehat hukum di Kota Pematangsiantar mendorong Pardomuan Simanjuntak untuk maju merebut jabatan Wali Kota.

Salah satu penasehat hukum, Daulat Sihombing mengatakan, Pardomuan dianggap sosok yang unggul secara komparatif dan kredibel dibandingkan bakal calon (balon) yang muncul belakangan ini.

Alasan lain, kata Daulat, Pardomuan dinilai sosok yang banyak menggeluti pekerjaan atau profesi, seperti pengusaha, pengacara, seniman, kontraktor dan pernah  mendirikan perusahaan media.

Baca juga:Polling Bakal Calon Wali Kota Siantar Beredar

Selain itu, pria yang akrab disapa Pardo ini pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Dairi dan anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Bahkan saat menjadi Calon DPR RI di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Pardo mampu memperoleh sekitar 10 ribu suara dari Daerah Pemilihan (Dapil) III Sumut dengan Partai Demokrat.

“Itulah alasan kita untuk mendorongnya menjadi Wali Kota. Kita berharap, masyarakat berperan menentukan siapa sosok Balon Wali Kota yang layak. Jangan melulu karena uang, tapi kemampuan,” kata Daulat, pada Rabu (17/4/24) di kantornya, Jalan Sangnaualuh, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur.

Menurut Daulat, Pardo yang bertahun-tahun menjadi anggota DPRD tentu memiliki pengalaman dalam bidang pemerintahan, termasuk menyusun anggaran yang tepat sesuai kebutuhan masyarakat. Sebab, selama menjadi anggota DPRD, Pardo diyakini banyak menerima aspirasi masyarakat.

Baca juga:DPC Partai Demokrat Siantar Buka Penjaringan Balon Wali Kota dan Wawako untuk Pilkada 2024

Miduk Panjaitan turut mendukung Pardo memimpin Kota Pematangsiantar. Menurutnya, Pardo teruji dengan berbagai kegiatan yang dikerjakannya, bahkan keaktifannya dalam organisasi kemasyarakatan seperti Humatob (Himpunan Masyarakat Toba), memberikan kemampuan untuk berkomunikasi dengan masyarakat.

“Sebagai tokoh adat, Pardo juga kita anggap pribadi yang luwes bermasyarakat, sering nongkrong dengan komunitas warga,” ujarnya sembari menekankan bahwa Pardo merupakan anak Pematangsiantar.

Selain Daulat dan Miduk, Eljones Simanjuntak juga berpendapat yang sama. Di matanya, Pardo sosok yang kritis sebagaimana dirinya mendirikan perusahaan media.

Baca juga:Pilkada Siantar 2024, Pengamat Politik Bakal Calon Harus Persiapkan Ini

“Sehingga dia (Pardomuan) kaya dengan wawasan, pengetahuan, pengalaman dan jaringan yang luas,” terangnya.

Terpisah, Pardomuan mengaku, sangat berterima kasih dengan semangat sejumlah penasehat hukum itu. Namun ia tidak memberikan penjelasan apakah sudah berniat maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November 2024 nanti.

“Syukurlah kalau ada dorongan dari para teman-teman pengacara. Dan ini penyemangat bagi kita. Tapi soal bagaimana perjalanan nanti, kita lihat aja,” ujarnya singkat. (patiar/hm16)

Related Articles

Latest Articles