11.3 C
New York
Saturday, April 13, 2024

Dua Balon Wali Kota dan Wawako Siantar Mendaftar Ke Golkar

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Tim penjaringan DPD Partai Golkar Kota Pematangsiantar menerima berkas pendaftaran 2 orang yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, yakni Darwin Pohan dan Fadil Siregar.

Ketua Tim Penjaringan, Zainul Arifin Siregar mengatakan, kedua sosok itu datang di hari yang sama, yakni Sabtu (13/4/24).

Darwin, kata Zainul berniat menjadi Bakal Calon (Balon) Wali Kota, sementara Fadil sebagai Wakil Wali Kota. “Mereka mendaftar terpisah, bukan 1 paket,” kata Zainul.

Baca juga:DPD Golkar Siantar Gelar Penjaringan Terbuka untuk Pilkada 2024

Dikatakan Zainul, jadwal penjaringan Partai Golkar akan berlangsung hingga Selasa (23/4/24). “15 hari sejak Selasa kemarin,” ucapnya.

Dalam proses penjaringan, Partai Golkar bakal melakukan survei elektabilitas dan popularitas. Hasil itu nantinya akan dibawa ke DPP Partai Golkar untuk menentukan pengusungan.

Survei dilakukan bertahap, pertama pada bulan Maret- April 2024. Kemudian tahap kedua bulan April-Mei 2024 dan tahap terakhir Juni 2024.

Diterangkan Zainul juga, penjaringan ini menjadi bagian dari program partai dalam memberi peluang dan kesempatan kepada tokoh-tokoh masyarakat untuk menjadi pemimpin, serta mencari sosok pemimpin yang dinilai mumpuni maju di Pilkada serentak yang rencana akan dilangsungkan 27 November 2024 mendatang.

Baca juga:Bobby Nasution Minta Maaf ke Golkar Sumut Usai Isu Dicalonkan Gubernur

“Proses penjaringan dan hasil keputusannya diukur dari hasil survei yang dilakukan oleh DPP Partai Golkar dengan 3 tahapan,” ujarnya.

Zainul menjelaskan, dasar pembentukan penjaringan ini sesuai dengan surat keputusan musyawarah nasional ke 10 PG nomor : X/Munas-X/Golkar/2019 tanggal 5 Desember 2019 tentang Program Umum Partai Golkar.

Lalu, petunjuk pelaksanaan DPP PG nomor : Juklak-3/DPP/Golkar/II/2020 tanggal 7 Februari 2020 tentang Penetapan Pasangan Calon (Paslon) Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota. (gideon/hm16)

Related Articles

Latest Articles