27.7 C
New York
Saturday, June 8, 2024

TNI Buru Anggota KKB yang Menembak Prajurit

Jakarta, MISTAR.ID

Seorang prajurit Kodim 1715/Yahukimo selamat dari serangan pemberontak Papua pada Kamis (6/6/24), meski menderita luka tembak di paha kirinya.

Juru bicara Satuan Tugas Operasi Perdamaian Cartenz, AKBP Bayu Suseno menyebut prajurit yang terluka, yang diidentifikasi sebagai Prajurit Satu Rajami Uhio, saat ini menerima perawatan di Rumah Sakit Umum Dekai.

Uhio ditembak pemberontak bersenjata saat melewati Jalan Seradala KM 2 di Kecamatan Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, pada pukul 18.20 WITA

“Menanggapi peristiwa penembakan tersebut, personel gugus tugas telah dikerahkan untuk memburu pelaku penyerangan yang diyakini merupakan anggota kelompok pemberontak XVI yang beroperasi di wilayah Yahukimo,” ujarnya.

Baca juga: Prajurit Kembali Tertembak, Ketua MPR Minta TNI-Polri Tangkap KKB

Selama beberapa tahun terakhir, kelompok bersenjata Papua sering menggunakan taktik tabrak lari terhadap aparat keamanan Indonesia dan melakukan aksi teror terhadap warga sipil di distrik Intan Jaya, Nduga, Puncak, dan Maybrat untuk menimbulkan ketakutan di kalangan masyarakat.

Sasaran aksi teror tersebut antara lain pekerja bangunan, tukang ojek, guru, pelajar, pedagang kaki lima, hingga pesawat sipil.

Pada tanggal 2 Desember 2018, sekelompok separatis Papua bersenjata secara brutal membunuh 31 pekerja PT Istaka Karya yang bergerak di proyek Trans Papua di Kali Yigi dan Kali Aurak di Kecamatan Yigi, Kabupaten Nduga.

Pada dini hari tanggal 2 September 2021, beberapa anggota kelompok teroris separatis Papua yang beroperasi di Distrik Maybrat menyergap tentara saat mereka sedang tertidur di pos militer Kishore yang terletak di Kampung Kisor, Kecamatan Aifat Selatan.

Baca juga: KKB Papua Semakin Brutal, TNI akan Bersikap Lebih Tegas

Pada 2 Maret 2022, beberapa anggota kelompok bersenjata Papua yang beroperasi di Kecamatan Beoga, Kabupaten Puncak, membunuh delapan pekerja Palapa Ring Timur Telematika (PTT) yang sedang memperbaiki menara base transceiver station (BTS) milik operator telekomunikasi milik negara. Telkomsel.

Pada 7 Februari 2023, pilot Selandia Baru Phillip Mark Mehrtens disandera oleh kelompok bersenjata pimpinan Egianus Kogoya.

Philip sedang mengemudikan pesawat milik maskapai penerbangan Indonesia Susi Air ketika kelompok bersenjata menangkapnya. Anggota kelompok tersebut membakar pesawatnya sesaat setelah mendarat di Kabupaten Nduga.(mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles