20.3 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Prajurit Kembali Tertembak, Ketua MPR Minta TNI-Polri Tangkap KKB

Jakarta, MISTAR.ID

Ketua MPR Bambang Soesatyo mendesak TNI dan Polri menangkap anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menembak seorang tentara di Yahukimo, Dataran Tinggi Papua.

Bambang mengecam peristiwa penembakan tersebut dan mendesak TNI dan Polri menindak tegas KKB.

“Saya mengimbau aparat kepolisian dibantu satuan TNI segera mengejar dan membatasi pergerakan pelaku serta menindak tegas KKB,” ujarnya, Jumat (7/6/24).

Baca juga: Penyebutan KKB Jadi OPM Berdampak Politis Bagi Indonesia

Ia pun meminta pemerintah mengambil sikap tegas dalam menghadapi KKB yang terus mengulangi aksi kekerasannya hingga memakan korban.

“Mereka juga menimbulkan kekacauan dan mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat setempat,” kata Bambang.

Ia menekankan perlunya mengidentifikasi akar penyebab konflik melalui kajian mendalam dan mengambil solusi yang tepat.

Bambang juga mengimbau seluruh pemangku kepentingan terkait untuk bersama-sama menyusun langkah strategis menghadapi KKB di Papua.

Baca juga: KKB Papua Semakin Brutal, TNI akan Bersikap Lebih Tegas

“Dapat dilakukan melalui pendekatan kolaboratif dan holistik, khususnya dalam menjaga dan meningkatkan keamanan dan kesejahteraan masyarakat Papua,” ujarnya.

Anggota KKB menembak seorang prajurit dari pos militer di Dekai, Yahukimo, Dataran Tinggi Papua, pada Kamis, hingga melukai bagian paha kiri.

Kepala Pusat Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Papua Letkol Candra Kurniawan menyatakan, aparat TNI dan Polri sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku.(antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles