13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Tingkatkan Indeks Pembangunan Pemuda, Kemenpora Gelar Pelatihan Keluarga Muda Berdaya

Jakarta, MISTAR.ID

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyelenggarakan “Pelatihan Keluarga Muda Berdaya” (PKMB) untuk ketiga kalinya dengan tujuan meningkatkan indeks pembangunan pemuda (IPP). Program yang digagas Deputi Pembangunan Pemuda itu berlangsung di Kota Bogor, Jawa Barat.

“Pelatihan ini menyasar entitas terkecil (masyarakat), yaitu keluarga muda untuk mempersiapkan diri menghadapi lingkup yang lebih besar,” kata Deputi Pembangunan Pemuda, Kemenpora Mulyani Sri Suhartuti pada Rabu (27/3/24).

Ia menginformasikan, program tersebut dirancang untuk mendongkrak indeks pembangunan pemuda nasional dan memperkuat calon keluarga muda.

Baca juga: Kemenpora dan SOina Bersatu Jadi Tuan Rumah SOWSG 2027

Program ini juga menyasar daerah-daerah dengan tingkat pernikahan dini dan perceraian yang tinggi.

Kota Bogor dipilih karena berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat, jumlah perceraian di kota tersebut mencapai ribuan pada tahun 2019.

“Pelatihan ini diharapkan mampu membentuk keluarga yang berkualitas, sehingga (generasi muda) dapat berperan dalam pembangunan nasional di bidangnya masing-masing dan IPP nasional semakin meningkat,” tambah Suhartuti.

Dikatakannya, generasi muda akan menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan di masa depan, oleh karena itu perlu adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan, terutama di era globalisasi dan digitalisasi dengan arus informasi yang begitu pesat.

Baca juga:Kemenpora: Kerjasama Dengan ASEAN Penting Meningkatkan Prestasi Olahraga

“Pemuda masa kini hidup di era tantangan yang berat dan beragam. Tetap semangat dan berjuang terus menerus karena pemuda (berperan) sebagai agen perubahan, pengendali sosial, dan harus terlibat dalam pembangunan bangsa,” imbuhnya.

Rangkaian PKMB ini diikuti oleh 100 generasi muda dari berbagai organisasi kepemudaan se-Kota Bogor.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bogor Taufik menyampaikan terima kasih kepada pemerintah atas sinergi pemerintah pusat dan daerah dalam meningkatkan partisipasi pemuda kota. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles