13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Kejagung Tahan Suami Sandra Dewi, Setelah Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi PT Timah

Jakarta, MISTAR.ID

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Harvey Moeis, sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk dari tahun 2015 hingga 2022. Kejagung juga langsung melakukan penahanan terhadap suami dari Sandra Dewi tersebut.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung, Kuntadi, menjelaskan bahwa penahanan terhadap Harvey dilakukan untuk memfasilitasi proses penyidikan.

“Untuk kepentingan penyidikan, yang bersangkutan dilakukan tindakan penahanan untuk 20 hari ke depan,” kata Kuntadi kepada wartawan, Rabu (27/3/24), seperti dilansir CNN Indonesia.

Baca juga: Kejagung Sita Rp10 Miliar Saat Geledah Kantor dan Rumah Helena Lim

Kuntadi menambahkan bahwa Harvey ditetapkan sebagai tersangka setelah tim penyidik mengumpulkan sejumlah bukti yang cukup untuk meningkatkan status hukumnya.

Dalam kasus ini, Harvey dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 Juncto Pasal 18 UU Tipikor Juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Kejagung sedang menyelidiki dugaan korupsi terkait tata niaga komoditas timah di wilayah IUP PT Timah Tbk dari tahun 2015 hingga 2022.

Kejagung menduga adanya pelanggaran terkait kerjasama pengelolaan lahan PT Timah Tbk dengan pihak swasta yang dilakukan secara ilegal.

Baca juga: Kejagung Tetapkan Crazy Rich Helena Lim Jadi Tersangka Kasus Timah

Hasil pengelolaan tersebut diduga dijual kembali oleh pihak swasta kepada PT Timah Tbk, yang berpotensi menyebabkan kerugian negara.

Secara keseluruham dalam perkara ini Kejagung telah menetapkan 15 orang sebagai tersangka, termasuk, crazy rich dari Pantai Indah Kapuk (PIK), Helena Lim.

Related Articles

Latest Articles