19 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Kemenpora: Kerjasama Dengan ASEAN Penting Meningkatkan Prestasi Olahraga

Jakarta, MISTAR.ID

Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Surono menggarisbawahi pentingnya kerja sama terkait peningkatan prestasi olahraga antar negara Asia Tenggara (ASEAN).

“Kerja sama yang terjalin selama ini berjalan baik, berkesinambungan, namun perlu dipertajam, terutama untuk cabang olahraga unggulan di Olimpiade, karena rangking Olimpiade negara-negara ASEAN masih belum tinggi,” kata Surono, Senin (31/7/23).

Menurutnya, penguatan persiapan untuk mengantongi medali emas pada pesta olahraga terbesar di dunia tersebut dirasa perlu, agar dapat berjalan seiring dengan peningkatan prestasi olahraga, baik untuk Indonesia maupun daerah.

Baca juga: Satgas TMMD ke-117 Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesehatan Melalui Olahraga

“Nanti kita lihat cabang olahraga apa yang berpotensi meraih medali di olimpiade. Kita dorong kerjasama dengan negara-negara ASEAN, seperti panjat tebing, angkat besi, dan bulu tangkis. Itu kan peluang medali dan negara-negara di kawasan. Ini sudah ditunjukkan ( prestasi),” kata Surono.

Meski tujuan utama pembinaan atlet adalah memenangkan Olimpiade, Surono mengatakan, kerja sama antarnegara ASEAN dalam olahraga populer, seperti sepak bola, juga terjalin erat, seperti kerja sama antara ASEAN dan FIFA.

Kerjasama tersebut meliputi, program sepak bola putri, pengembangan kurikulum sepak bola di sekolah, dan perlindungan anak dalam sepak bola hingga penerapan Video Assistant Referees (VAR) di kompetisi regional dan inisiatif lainnya.

Baca juga: 6 Cabang Olahraga yang Dipertandingkan di Peparpenas

Apalagi, negara-negara Asia Tenggara telah melakukan proses pengusulan koorganisasi ASEAN sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034.

Sementara itu, pada tahun 2023 ini merupakan kelima kalinya Indonesia memegang Ketua ASEAN dengan tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth” yang menunjukkan keinginan Indonesia untuk menjaga pentingnya dan relevansi ASEAN bagi komunitas ASEAN dan dunia.

Indonesia berkeinginan untuk menjadikan ASEAN sebagai kawasan yang memiliki peran penting, bagi negara-negara kawasan maupun dunia, baik berperan sentral sebagai penggerak perdamaian dan kemakmuran kawasan. (antara/hm17)

 

Related Articles

Latest Articles