16.6 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Kemenpora dan SOina Bersatu Jadi Tuan Rumah SOWSG 2027

Medan, MISTAR.ID

Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo mengingatkan para pengurus SOina di seluruh Indonesia akan tugas berat yang menanti, terutama terkait tawaran menjadi tuan rumah Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2027. Menpora menyampaikan bahwa pihaknya telah membicarakan agenda ini dengan Presiden Jokowi.

“Saya minta kepada deputi III bidang Prestasi Olahraga untuk menyetarakan PP SOina dengan National Paralympics Committee (NPC),” kata Menpora, saat dihubungi Mistar, Senin (18/12/23).

Menpora mengatakan, pesan kepada SOIna telah ia tegaskan saat pengukuhan Pengurus Pusat (PP) Special Olympics Indonesia (SOina)  periode 2023-2027 di Jakarta, siang tadi.

“Saya harap, langkah ini memberi kesempatan lebih luas kepada atlet bertalenta khusus atau disabilitas intelektual, menciptakan inklusi yang lebih baik bagi mereka,” imbuhnya.

Baca juga: Kemenpora: Kerjasama Dengan ASEAN Penting Meningkatkan Prestasi Olahraga

Ketua Umum PP SOina, Warsito Ellwein, menyambut baik langkah mensejajarkan SOina dan NPC sebagai dukungan penuh pemerintah bagi anak-anak bertalenta khusus di Indonesia. Tantangan ini, menurut Warsito, sekaligus merupakan dukungan luar biasa dari Menpora.

“Tawaran menjadi tuan rumah Special Olympics World Summer Games pertama kali didapatkan saat delegasi Indonesia bertemu dengan Pengurus Special Olympics International di Hotel Hilton Berlin, Jerman, Juni 2023,” tambah Warsito.

CEO Special Olympics International menawarkan Indonesia untuk menjadi tuan rumah, dan pengurus SOina bersiap menjawab tantangan prestisius ini untuk kemajuan bangsa dan inklusi yang lebih baik. (Hutajulu/hm17)

Related Articles

Latest Articles