17.7 C
New York
Friday, May 17, 2024

Mendagri Minta Kepala Daerah Jaga Ketersediaan Pangan

Medan, MISTAR.ID

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta kepada para kepala daerah untuk menjaga ketersedian pangan dan harga terjangkau, termasuk juga menjaga stabilitas keamanan simpul-simpul transportasi seperti bandara, terminal stasiun pelabuhan dan jalan raya.

“Jadi perlu kolaborasi bersama, di tingkat pusat bekerja, rekan-rekan pengusaha bekerja dengan Tupoksinya dan di daerah juga bekerja sesuai kondisi daerah masing-masing, sehingga inflasi bisa terjaga,” kata Tito saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan dan Harga Pangan Jelang Ramadan dan Idulfitri, yang diselenggarakan Badan Pangan Nasional (Bapanas) secara virtual, Senin (4/3/24).

Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin mengikuti rakor daring ini dari Lantai 6 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan. Tito berharap, menjelang Idulfitri 1445 Hijriah, tersedia bahan pokok dengan harga terjangkau agar masyarakat merasa tenang.

“Seperti biasa, pasti akan ada perubahan pola konsumsi pada masyarakat, jadi perlu kita antisipasi baik ditingkat pusat maupun daerah,” harapnya.

Baca juga:Bakal Dihadiri Pj Gubernur, Pekan Ini Serah Terima Lapangan Adam Malik 

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi menyampaikan rakor ini untuk menyeimbangkan pangan dari sisi hulu hingga hilir sesuai arahan Presiden Joko Widodo, untuk terus menjaga pangan sehingga bisa tetap stabil secara pasokan dan harga terjangkau di masyarakat terutama menjelang Idulfitri.

“Kita membentuk sinergi secara menyeluruh antara kementerian dan lembaga bidang pangan, kepala daerah se-Indonesia, hingga pelaku usaha untuk menyeimbangkan harga pangan dengan baik, yang tidak memberatkan petani, pengusaha, hingga masyarakat,” jelasnya.

Baca juga:Bakal Dihadiri Pj Gubernur, Pekan Ini Serah Terima Lapangan Adam Malik 

Sebelumnya, Pj Gubernur Sumut Hassanudin menyampaikan, Pemprov Sumut menyambut baik arahan Pemerintah Pusat terkait upaya menjaga ketersediaan dan harga pangan, menjelang Ramadan dan Idulfitri. Serta terkait pengendalian inflasi di daerah.

Untuk mengendalikan harga bahan pangan pokok (Bapok), terutama menjelang Ramadan dan Idulfitri, Pemprov Sumut menggelar Pasar Murah di 14 kabupaten/kota, sejak 1 Februari hingga 7 Maret se-Sumut.

Baca juga:14 Pejabat Tinggi Pratama Pemprov Sumut Dilantik, Ini Pesan Pj Gubsu

Adapun daerah tempat dilaksanakannya Pasar Murah antara lain: Karo 1 Februari, Padangsidimpuan 5 Februari, Mandailing Natal 6 Februari, Batubara 16 Februari, Sibolga 19 Februari, Tapanuli Tengah 20 Februari, Simalungun 23 Februari, Pematangsiantar 26 Februari, Kisaran 29 Februari, Tanjungbalai 1 Maret, Labuhanbatu Utara 5 Maret, Labuhanbatu 6 Maret, Medan 27-29 Februari, dan Deliserdang 5-7 Maret.

Setiap hari beras yang dijual di pasar murah tersebut mencapai 5 ton, minyak goreng 2 ton, telur ayam 200 papan, dan gula pasir 1 ton. “Semoga dengan pasar murah ini, harga-harga cepat terkendali apalagi menjelang Ramadan,” pungkas Hassanudin. (hutajulu/hm18)

 

Related Articles

Latest Articles