27.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Gempa Bumi M5,3 Guncang Keerom Papua

Papua, MISTAR.ID

Gempa bumi mengguncang wilayah Keerom, Papua, dengan kekuatan M5,3, Senin (29/1/2024) dini hari pukul 00.22 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,19° LS ; 142,37° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 201 km arah Tenggara Keerom, Papua dengan kedalaman 116 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa menengah akibat adanya deformasi batuan dalam slab Lempeng Australia.

Baca juga: Wilayah Sumur Banten Diguncang Gempa Bumi 3,7 Magnitudo

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” sebutnya, Senin (29/1/2024).

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Pegunungan Bintang dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Daryono.

Baca juga:Perbatasan Cina Diguncang Gempa M 7,1 Diprediksi Ada Korban

Daryono mengimbau masyarakat agar tenang dan jangan terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia juga meminta agar warga menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,” ujarnya. (mrt/hm06)

Related Articles

Latest Articles