27.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Wilayah Sumur Banten Diguncang Gempa Bumi 3,7 Magnitudo

Banten, MISTAR.ID

Gempa bumi berkekuatan 3,7 magnitudo pada kedalaman 24 Km guncang wilayah Sumur, Banten, Kamis (25/1/24) malam sekitar pukul 22.02 WIB.

“Pusat gempa 43 Km barat daya Sumur-Banten,” tulis BMKG dalam unggahan di akun media sosial X resminya.

Disebutkan, koordinat titik gempa berada pada 6,87 derajat Lintang Selatan dan 105,25 derajat Bujur Timur. Belum diketahui ada-tidaknya korban jiwa dari peristiwa ini.

“Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” sebut BMKG.

Kuta Selatan 

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 4,8 magnitudo guncang wilayah Kuta Selatan, Badung, Bali. Gempa yang terjadi pada pukul 21.41 WIB itu tercatat pada kedalaman 101 Km.

Baca Juga : Gempa Berkekuatan M5.0 Guncang Pulau Nias

BMKG menyebutkan, pusat gempa berada di laut 55 Km Tenggara Kuta Selatan. Koordinat gempa berada pada 8,99 derajat Lintang Selatan dan 115,69 derajat Bujur Timur.

“Gempa dirasakan dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III Mataram, III Lombok Timur, III Lombok Barat, III Lombok Tengah , II-III Kuta, II-III Kuta Selatan, II-III Tabanan, II-III Klungkung, II-III Bangli, II-III Gianyar, II-III Denpasar, II Lombok Utara, II Sumbawa Barat,” tulis BMKG.

Adapun skala MMI III artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Sementara skala MMI II artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Tetap waspada terhadap gempa susulan yang terjadi,” pesan BMKG. (dtc/hm24)

Related Articles

Latest Articles