9.6 C
New York
Monday, May 13, 2024

Pasar Sidikalang Kembali Terbakar dan 8 Kios Hangus

Dairi, MISTAR.ID

Pasar Sidikalang, Kabupaten Dairi kembali terbakar, pada Senin (29/1/24) sekira pukul 03.30 WIB, menyebabkan 8 unit kios menjual daging hangus ludes dan 15 unit dirusak mengantisipasi api menyebar.

Informasi kebakaran diperoleh dari Kepala UPT Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dairi, Amudi Situmeang.

Atas informasi masyarakat, Amudi menuturkan, pihaknya mengerahkan personel dan 2 unit mobil pemadam (damkar) dari Pos Siaga Sidikalang melakukan pemadaman. Dan api berhasil padam sampai pendinginan pada pukul 05.00 WIB.

Baca juga:Pasar Sidikalang Terbakar Dini Hari, 35 Lapak Hangus dan Kerugian Ratusan Juta

“Untuk mencari tahu ada tidaknya korban jiwa dan kerugian material masih dalam penyelidikan,” ujar Amudi.

Sebelumnya, Pasar Sidikalang terbakar hebat, tepatnya di blok C1, pada Kamis (25/1/14) sekira pukul 01.00 WIB. Api menghanguskan puluhan kios dan barang-barang dagangan.

Hingga saat ini, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak berwenang.

Akibat kejadian bencana 2 kali itu, tidak sedikit pedagang dan warga sekitar menduga peristiwa kebakaran bermotif sabotase. Warga menduga, penyebabnya akibat instalasi listrik di Pasar Sidikalang kurang safety atau aman.

Baca juga:Puluhan Kios di Pusat Pasar Sidikalang Hangus

“Tetapi itu urusan  pihak-pihak terkait menyelidikinya,” sebut warga, seraya mengatakan peristiwa kebakaran Pasar Sidikalang itu menuai banyak pertanyaan.

Direktur Umum (Dirum) Perusahaan Daerah (PD) Pasar, Lumpin Pangaribuan, ketika dikonfirmasi motif penyebab kebakaran sesuai riak-riak dugaan warga, justru mengaku bingung. Sebab menurutnya, setiap hari hingga waktu dini hari, pasar sudah ramai dan saling mengawasi.

“Banyak pedagang tidak rapi menggunakan daya Listrik dan saling nyolong. Ketika kita arahkan supaya resmi, justru banyak membandel. Ya gimanalah,” katanya dan membenarkan kebakaran di Pasar Sidikalang sudah 3 kali terjadi berturut-turut dalam waktu berdekatan. (manru/hm16)

Related Articles

Latest Articles