14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Dibutuhkan 1,3 Juta Formasi untuk ASN 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berencana membuka 1,3 juta formasi untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024. Jumlah formasi tersebut dibuka untuk berbagai kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Plh. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja, mengungkapkan bahwa perhitungan formasi tersebut didasarkan pada sisa formasi tahun 2023 dan jumlah ASN yang akan pensiun pada tahun 2024.

“Kebutuhan riil di lapangan juga akan menjadi pertimbangan penting,” kata Aba Subagja, Kamis (14/12/23).

Perlu diketahui, setiap tahunnya Kementerian PANRB memang membuka banyak formasi ASN. Namun, pemenuhan tersebut masih dinilai tidak optimal, dan masih banyak keluhan yang datang dari fresh graduate.

Baca juga: Pensiunan ASN Ini Ditangkap Polisi Lantaran Cabuli Anak Teman Sendiri

Dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, rekrutmen pegawai pemerintah menjadi lebih fleksibel.

Sekarang, instansi pemerintah dapat melakukan seleksi sesuai kebutuhan masing-masing dan tidak harus dilakukan secara serentak nasional. Hal ini memberikan keleluasaan kepada instansi untuk menentukan waktu rekrutmen sesuai dengan kebutuhan organisasi dan prioritas nasional.

Plt. Asisten Deputi Manajemen Talenta dan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PANRB, Agus Yudi Wicaksono, menegaskan bahwa UU ini membawa agenda transformasi yang salah satunya bertujuan untuk mengatur kebutuhan pegawai secara nasional sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Baca juga: Kesekretariatan Bawaslu Sumut Ingatkan Netralisasi ASN

“Ini berbeda dari sebelumnya, di mana usulan penambahan formasi belum sepenuhnya terkait dengan prioritas nasional dan masih menjadi keputusan instansi terkait,” katanya belum lama ini. (detik/hm20)

Related Articles

Latest Articles