12.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Berikut Analisis Gempa Tuban Berkekuatan M 6,1

Tuban, MISTAR.ID

Pantai barat Gresik dan Tuban, Provinsi Jawa Timur (Jatim) diguncang gempa bumi berkekuatan M 6,1, pada Jumat (22/3/24) sekira pukul 11.22.45 WIB.

Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menampilkan gempa itu mempunyai parameter update dengan magnitudo M 5,9.

Dikatakan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, episenter gempa bumi berlokasi pada koordinat 5,79 derajat Lintang Selatan (LS) serta 112,32 derajat Bujur Timur (BT).

Baca juga:Wilayah Sumur Banten Diguncang Gempa Bumi 3,7 Magnitudo

“Persisnya berada di laut pada jarak 126 kilometer arah timur laut Tuban pada kedalaman 10 kilometer,” kata Daryono.

Sembari memperhatikan tempat episenter dan kedalaman hiposentrumnya, ini adalah jenis gempa bumi dangkal dampak aktivitas sesar aktif di Laut Jawa.

Daryono menyampaikan, hasil analisis mekanisme sumber menampilkan jika gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser atau strike-slip. Menurutnya, gempa itu turut dirasakan oleh beberapa wilayah di Indonesia.

Baca juga:84 Gempa Bumi Terjadi di Sumut Sepanjang September 2023

Seisme dimaksud berefek dan dirasakan di daerah Tuban dengan skala intensitas IV-V MMI. Artinya, getaran dirasakan oleh nyaris seluruh masyarakat. Di Bawean, Jatim gempa dirasakan dengan skala intensitas III-IV MMI.

Gempa juga ikut dirasakan di Jepara, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang, Semarang dan Yogyakarta, dengan skala intensitas II-III MMI.

Catatan BMKG sampai pukul 11.50 WIB, gempa memicu satu aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock berkekuatan M 4,4. BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tak terpengaruh rumor yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat guncangan gempa. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles