6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Tahun 2023, Unimed Sediakan Kuota 1.704 Kursi untuk Jalur Mandiri

Medan, MISTAR.ID

Universitas Negeri Medan (Unimed) membuka pendaftaran Seleksi Mandiri tahun 2023 yang dimulai dari tanggal 15 Mei dan ditutup 4 Juli 2023.

Seleksi Mandiri adalah jalur masuk terakhir bagi mahasiswa-mahasiswi baru yang ingin kuliah di Unimed.

Seleksi Mandiri Unimed tidak ada perbedaan dari tahun sebelumnya, dimana untuk diterima para calon mahasiswa baru harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Baca juga: 15.907 Siswa Memilih Unimed Melalui Jalur UTBK SNBT 2023

Selain mengikuti UTBK, Unimed juga melakukan rekognisi prestasi. Bagi para pendaftar yang mempunyai prestasi tingkat provinsi, nasional dan internasional dapat menjadi bahan pertimbangan kelulusan, dengan cara mengirimkan sertifikat/bukti juara.

Ada pun kuota jalur Mandiri Unimed tahun ini yakni 1.704 kursi yang dibuka untuk 55 program studi (prodi) pada jenjang S1 dan D3.

Para siswa yang ingin mengikuti Seleksi Masuk Mandiri dapat mendaftar secara online pada website http://sm.unimed.ac.id, kemudian mengisi dan melengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru dan verifikasi biodata.

Setelah tahapan tersebut selesai, pendaftar harus memilih prodi, mengunggah portofolio bagi prodi olahraga dan seni, serta memperoleh slip pembayaran biaya UTBK.

Baca juga: 39 Wisudawan Profesi Gizi Fakultas Teknik Unimed Dikukuhkan

Biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000, dimana bagi pendaftar prodi seni dan keolahragaan membayar biaya tambahan untuk portofolio sebesar Rp 50.000. Pembayaran dapat dibayarkan melalui Bank BNI 46. Usai melakukan pembayaran, pendaftar dapat mencetak kartu ujian melalui laman http://sm.unimed.ac.id.

Ada pun materi yang akan diujiankan pada UTBK Seleksi Mandiri berbentuk Tes Potensi Sekolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika.

Ujian UTBK Seleksi Mandiri akan laksanakan pada tanggal 10-14 Juli 2023. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada 21 Juli 2023 dan dapat dilihat pada situs https://www.unimed.ac.id atau https://sm.unimed.ac.id.

Rektor Unimed, Syamsul Gultom mengingatkan, bagi lulusan SMA sederajat tahun lulus 2021, 2022 dan 2023 dapat segera mempersiapkan untuk mendaftarkan diri.

Baca juga: Mahasiswi Unimed Raih Emas di Ajang Internasional Thailand Mountain Bike Cup II Tahun 2023

“Peminat Unimed setiap tahunnya terus meningkat. Bagi adik-adik yang tidak lolos jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), maka Seleksi Mandiri merupakan jalur terakhir agar bisa diterima masuk untuk kuliah di Unimed,” ujarnya, Jumat (16/6/23).

Syamsul mengatakan, bagi pendaftar yang memiliki masalah dalam proses pendaftaran seleksi mandiri, untuk menghubungi helpdesk SM Mandiri Unimed pada Gedung UPT TIK lantai 1 atau juga bisa berkunjung ke kantor Humas bagi warga Kota Medan.

“Untuk memudahkan para pendaftar luar daerah, dapat bertanya melalui email [email protected] dan layanan via whatsapp di 08116080820 dan media sosial (medsos) @unimedofficial. Bagi adik-adik segera mendaftar di https://sm.unimed.ac.id sekarang, jangan mendaftar di waktu akhir,” pungkasnya. (ial/hm16)

 

 

 

 

 

Related Articles

Latest Articles