6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Siswa MAN 1 Medan Raih Prestasi di Ajang Muda Moderasi dari Kemenag

Medan, MISTAR.ID

Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan, Fatimah Muharrami Pohan kelas 11 IPA mendapatkan medali perunggu di ajang Inisiator Muda Moderasi Beragama Tahun 2023 Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (RI).

Hal itu berdasarkan surat nomor B969/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/10/2023 tanggal 17 Oktober 2023 tentang Pengumuman Apresiasi Inisiator Muda Moderasi Beragama Tahun 2023.

Kegiatan penganugerahan dilakukan selama 3 hari mulai tanggal 25-28 Oktober 2023 di Grand Soll Marina Hotel Tangerang Jl. Raya Pantura, Kota Tangerang, Banten.

Mewakili Provinsi Sumatera Utara dalam ajang tersebut yang terdiri 40 siswa yang terpilih secara nasional.

Baca juga;Fokus Lensa : Setengah Windu Harian Mistar, Merajut Kebersamaan Meraih Prestasi

Kegiatan inisiator muda moderasi beragama tahun 2023 terbuka bagi siswa Madrasah Aliyah kelas 10 dan 11 baik madrasah negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

Fatimah Muharrami Pohan mempersiapkan inovasi tersebut selama 3 bulan dan berhasil menghasilkan Inovasi Tudara (Bersatu dalam Nusantara) yang di kembangkan dalam bentuk Aplikasi yang di bimbing oleh pelatih kelompok ilmiah remaja (KIR).

Fatimah menyebutkan, Fitur aplikasi ini digunakan untuk mensosialisasikan tentang sebuah forum bagi anak anak untuk membuat sebuah perkumpulan atau komunitas yang disertai dengan fitur chatting dan sharing bagi siswa –siswa in se Indonesia.

Baca juga:3 Siswi SMAN 4 Pematang Siantar Ini Raih Prestasi Membanggakan

Fatimah yang didampingi guru pembimbing Khairunnisa Manik juga telah melakukan berbagai sosialisasi ke beberapa sekolah dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sumatera Utara sebelum persiapan lomba ini.

“Saya dibantu oleh pelatih kir, membuat aplikasi yang fokus untuk menjadi wadah anak-anak dalam mensosialisasikan kerukunan beragama di Indonesia, aplikasi ini dalam pengembangan,” ucap Fatimah kepada Mistar.id pada Senin (30/10/23).

Kepala Sekolah MAN 1 Medan, Reza Faisal, menyampaikan dukungan kepada peningkatan kemampuan siswa baik secara akademik dan non akademik.

Baca juga:PKK Simalungun Raih Prestasi di Perlombaan Hari Kartini ke-144 Sumut

“Kita selalu mendukung penuh kegiatan kegiatan positif yang dilakukan siswa siswi kita dalam berbagai kegiatan. Baik itu di bidang sains, keagamaan, seni, olah raga, dan berbagai bidang lainnya. Termasuk di bidang moderasi beragama ini”

Ia juga menambahkan saat ini bangsa kita membutuhkan pemikiran yang maju termasuk dalam beragama dan dalam meningkatkan toleransi.

“Negara kita memiliki keragaman baik dalam budaya, agama maupun tradisi. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi generasi muda dalam menyikapi keanekaragaman tersebut,” akhirinya Reza Faisal. (khairul/hm17)

Related Articles

Latest Articles