14.8 C
New York
Monday, April 15, 2024

Besok Sidang Isbat Digelar, Pemerintah-Muhammadiyah Diprediksi Rayakan Idul Fitri Serentak

Jakarta, MISTAR.ID

Sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal atau lebaran Idul Fitri 1445 H akan digelar, Selasa (9/4/24) besok. Pemerintah dan Muhammadiyah diperkirakan akan sama merayakan Lebaran tahun ini.

“Insyaallah Hari Raya Idul Fitri akan dirayakan secara bersama-sama bagi seluruh umat Muslim di Indonesia. Tapi nanti akan kami konfirmasi lagi pada 9 April untuk melakukan Sidang Isbat di Jakarta,” ujar Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki.

Saiful memprediksi hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada 10 April, sama dengan Muhammadiyah. Potensi kesamaan ini lantaran terpenuhinya syarat minimal hilal di kriteria MABIMS (Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), yakni tinggi hilal minimal 3 derajat dan elongasi atau jarak sudut Bulan-Matahari minimal 6,4 derajat.

Baca Juga : Kemenag Umumkan Jadwal Sidang Isbat Tentukan 1 Ramadan

Muhammadiyah, yang memakai kriteria Wujudul Hilal buat memutuskan awal bulan hijriah, sebelumnya sudah menetapkan Idul Fitri 1445 H jatuh pada 10 April 2024.

“Insyaallah Muhammadiyah akan ber-Idul Fitri pada 10 April 2024 dan tampaknya Idul Fitri akan sama antara pemerintah dan Muhammadiyah,” ucap ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, di kantornya, Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Dengan kriteria wujudul hilal tersebut, Muhammadiyah tak ambil pusing dengan angka minimal hilal. Yang penting sudah bernilai positif hasil hitung atau hisab tanpa perlu pengamatan (rukyat).

Terpenuhi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap hilal 10 April sudah memenuhi syarat Idul Fitri versi MABIMS.

Hasil hisab BMKG menunjukkan ketinggian Hilal di Indonesia saat Matahari terbenam pada 9 April berkisar antara 4,88 derajat di Merauke, Papua; sampai dengan 7,63 derajat di Sabang, Aceh.

Related Articles

Latest Articles