12.9 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Proyek Rp2,7 Triliun Ditargetkan Sesuai Kontrak, DPRD Sumut: Simsalabim

Lokasi proyek yang tersebar di 33 kabupaten/kota di Sumut itu, sebut Marlindo, dengan tipe proyek Design and Build Lumpsum Price, berupa peningkatan jalan sepanjang 450 kilometer, jembatan rangka baja, jembatan beton, pekerjaan box culvert (gorong-gorong kotak) dan lainnya.

Masa pelaksanaan 540 hari kalender sejak surat perintah mulai kerja (SPMK) dan masa pemeliharaan 730 hari kalender.

“Total ruas yang dikerjakan hingga minggu ke-64 berjumlah 109 ruas dari total 163 ruas. Total ruas yang sudah selesai dilakukan pekerjaan pengaspalan berjumlah 64 ruas dan 10 ruas masih dalam proses,” sebut Marlindo.

Dia mengurai total ruas yang telah selesai pekerjaan penghamparan base A berjumlah 72 ruas dan 14 ruas masih dalam proses, 55 ruas sedang dalam tahapan pekerjaan galian drainase dan pekerjaan pasangan batu drainase, serta 37 ruas telah selesai output, termasuk bangunan struktur box culvert. Kemudian, status pekerjaan selesai aspal sepanjang 172,96 kilometer dan selesai output sepanjang 82,29 kilometer.

Baca juga : Tak Kunjung Diperbaiki, Jalan Provinsi Mandoge-Siantar Jadi Lokasi Pungli

“Kita optimis proyek ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan pihak pelaksana proyek tampak bersungguh-sungguh melaksanakan pekerjaan sesuai dengan progres yang ada. Mudah-mudahan dengan selesainya proyek ini, 450 kilometer jalan provinsi yang selama ini rusak sudah mulus kembali,” ucapnya.

Marlindo memaparkan, sejumlah ruas selesai aspal antara lain, ruas Tandem Hilir – Simpang Beringin di Kabupaten Deli Serdang, Lubuk Pakam – Simpang Tanah Abang di Kabupaten Deli Serdang, Jalan Provinsi batas Simalungun – Sionggang di Kabupaten Asahan, Sionggang – Kisaran di Kabupaten Asahan, Pulau Rakyat – Bandar Pulau (Desa Tangga) di Kabupaten Asahan, Bandar Pulau (Desa Tangga) – Batas Tobasa.

Selanjutnya, ruas Pulau Rakyat – Bandar Pulau di Kabupaten Asahan, jurusan Jalan DI Panjaitan di Kota Tanjung Balai, jalan provinsi Pematang Raya – Tiga Runggu, jalan provinsi Kerasaan – Perdagangan, jalan provinsi Pematang Siantar – Kerasaan, jalan provinsi Simpang Raya – Sipintu Angin – Tigaras, jalan provinsi ruas Silimbat – Parsoburan di Kabupaten Toba.

Baca juga : Jalan Provinsi Siantar-Saribudolok di Raya Usang Terancam Putus, Jadi Tempat Pungli

Berlanjut pada ruas Parsoburan – Borbor – Pangururan – Janji Maria, Aek Humbang – Batas Tapanuli Selatan (Tapsel) di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Simpang 4 Hutabarat – Sipahutar di Kabupaten Taput, Siabaksa – Bakkara – Batas Taput di Kabupaten Humbang Hasundutan, Pakkat – Batas Tapteng di Kabupaten Humbang Hasundutan, Simarmata – Simpang Sinapuran di Kabupaten Samosir.

Dan terakhir, ruas Palipi – Parmonangan di Kabupaten Samosir, Jalan Gunung Tua – Binanga (Batas Padanglawas) di Kabupaten Padanglawas Utara, Jalan Paringgonan – Sibuhuan – Aek Horsik di Kabupaten Tapanuli Tengah, Jalan Jembatan Merah – Muara Soma di Kabupaten Mandailing dan Jalan Muara Soma – Simpang Gambir di Kabupaten Mandailing. (jonatan/hm18)

Related Articles

Latest Articles