17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Pelindo Regional 1 Bahas Kepedulian Lingkungan Bersama Tokoh Masyarakat Belawan

Belawan, MISTAR.ID

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 1 diwakili Regional Division Head Pelayanan SDM dan Umum, Kasih Dwi Yanti, serta Manager Hukum dan Humas, Fadillah Haryono menerima kunjungan Tokoh Masyarakat Belawan, Irfan Hamidi didampingi R Khairil Chaniago, bertempat di Graha Pelindo Regional 1 Belawan, pada Sabtu (18/5/24).

Irfan mengemukakan maksud kunjungannya semacam road show ke beberapa pihak untuk menyampaikan beberapa problem yang sedang dihadapi masyarakat Belawan.

Ini terkait infrastruktur permukiman, kemiskinan struktural, peluang kerja bagi generasi muda, pendidikan dan kriminalitas, dengan harapan ada langkah maupun upaya taktis dan strategis untuk mengatasi beragam problema tersebut.

Baca juga:Pelindo Pastikan Tak Ada Perluasan Reklamasi Pulau di Pelabuhan Belawan

“Caranya dengan melibatkan beberapa pihak baik dari unsur pemerintah, aparatur hukum maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta swasta yang ada dan beraktivitas di Belawan,” papar Irfan.

Dirinya berharap, Pelindo Regional 1 dapat menjadi salah satu pihak yang peduli dan berkontribusi aktif dalam mengatasi persoalan dimaksud, sesuai dengan kemampuan serta program perusahaan.

“Namun hal ini jangan dominan bersifat seremonial belaka, perlu sebuah program yang bersifat fundamental dalam arti bermanfaat nyata dan berkelanjutan bagi masyarakat Belawan,” sebutnya.

Irfan mencontohkan, saat ini sangat banyak kalangan muda Belawan yang belum berkesempatan memperoleh pekerjaan, sehingga angka pengangguran tinggi. Padahal di Belawan banyak perusahaan yang beroperasi.

Baca juga:Pelindo Berkolaborasi dengan Perusahaan Dubai untuk Meningkatkan Pelabuhan Belawan

Menurutnya, permasalahan ini memerlukan solusi dan peran dari berbagai pihak, salah satunya dengan memberikan edukasi terampil kerja melalui pelatihan life skill yang berhubungan dengan jenis-jenis pekerjaan di Belawan, seperti pelatihan dan sertifikasi juru las (training welder), training operator forklift, reach stacker crane dan sejenisnya.

Hal lain disampaikan tokoh yang terkenal vokal di Belawan ini adalah terkait usulan kolaborasi dukungan pendidikan bagi anak-anak usia sekolah dari keluarga pra sejahtera.

Juga mempertanyakan sejauh mana Pelindo Regional 1 menyusun program dukungan dalam pengembangan dan penguatan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Belawan, guna peningkatan perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan.

Sementara Kasih Dwi menyampaikan terima kasih atas perhatian Irfan selaku tokoh masyarakat terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat Belawan. Dikatakan, Belawan merupakan salah satu wilayah prioritas Pelindo dalam pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan TJSL), baik di bidang lingkungan, pendidikan, pengembangan ekonomi dan UMK maupun program Pelindo Berbagi.

Baca juga:Dugaan Monopoli Usaha, Pelindo Kuala Tanjung Dilaporkan HMI Sumut ke KPPU

Di antara yang telah direalisasikan, yaitu program penyediaan air bersih, penanaman pohon, bantuan halte sampah, kampung ramah anak termasuk pelatihan dan pembekalan usaha bagi UMKM, pencegahan dan penanggulangan stunting, beasiswa Pelindo, serta program berbagi ramadhan dan qurban setiap tahun.

“Adanya masukan dari tokoh masyarakat itu akan menjadi pertimbangan bagi Pelindo dalam menetapkan program TJSL perusahaan, yang juga selaras dengan program perusahaan. Sehingga program yang dilaksanakan tepat sasaran dan bermanfaat optimal bagi masyarakat,” tutupnya. (kamaluddin/hm16)

Related Articles

Latest Articles