12.8 C
New York
Tuesday, April 23, 2024

Kenaikan Tarif Bus Sebesar 10% Mulai Berlaku Besok

Medan, MISTAR.ID

Sejumlah angkutan bus diperkirakan masih akan menjadi primadona bagi masyarakat untuk kembali ke kampung halaman dalam perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) kali ini.

Meski lonjakan penumpang hingga hari ini belum terlihat, namun sejumlah perusahaan angkutan bus yang berkantor di Medan sudah bersiap menyambut musim libur akhir tahun.

“Sampai hari ini belum ada lonjakan penumpang,” ujar Humas PT ALS (Antar Lintas Sumatera) Alwi Matondang, Jumat (16/12/22).

Baca Juga:Jelang Nataru, Lonjakan Penumpang Bus Tujuan Luar Sumut Belum Terlihat

Alwi mengatakan, sama seperti libur Nataru tahun-tahun sebelumnya, tahun ini tarif ongkos juga akan mengalami kenaikan. Hal itu lazim, mengingat akan meningkatnya permintaan tiket.

“Penyesuaian tarif sudah bisa dilaksanakan mulai tanggal 17 Desember 2022 dengan kenaikan sebesar 10%,” sebutnya.

Kenaikan tarif itu akan diberlakukan ke seluruh tujuan baik dari Medan ke daerah, maupun sebaliknya. PT ALS sendiri telah menyiapkan 260 armada untuk libur Nataru kali ini.

Baca Juga:SK Gubsu Tentang Tarif Angkutan Resmi Diterbitkan

“Manajemen selalu menekankan kepada kru untuk mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang,” katanya.

Alwi juga mengatakan, pihak perusahaan selalu memastikan kondisi kelaikan armada mereka untuk beroperasi, baik itu mesin, sparepart dan lain-lain.

“Kalau penambahan armada tidak ada. Kendaraan kita yang ada sekarang ini, kita siapkan secara maksimal,” katanya.

Baca Juga:Sejumlah Perusahaan Bus AKAP di Medan Naikkan Tarif Tiket

Belum meningkatnya penumpang juga dialami PT RAPI (Raja Perdana Inti), perusahaan bus yang melayani rute Medan ke Pekanbaru, Jambi, Palembang, Prabumulih hingga Tugu Mulyo.  Pengawas/mandor bus PT RAPI S Simarmata mengatakan, pihaknya akan menyesuaikan kenaikan tarif sesuai perintah dari atas.

Dikatakan Simarmata, sebanyak 80 unit bus PT RAPI yang ada saat ini sudah siap untuk menghadapi libur Nataru. Pihaknya memastikan cek berkala rutin terhadap armada-armada mereka yang beroperasi.

“Yang paling kita tekankan itu mengingatkan kru selalu berhati-hati untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang,” pungkasnya. (ial/hm14)

Related Articles

Latest Articles