7.9 C
New York
Thursday, April 18, 2024

Pengamat Transportasi Desak Dishub Perketat Seleksi Izin Trans Metro Deli

Medan, MISTAR.ID

Kota Medan dihantui duka setelah terjadi insiden kecelakan yang menewaskan seorang pengendara motor dilindas oleh Bus Trans Metro Deli di Jalan Sisingamangaraja, Medan pada Selasa (13/2/24). Tragedi serupa tercatat di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Medan Deli, akhir 2023 lalu.

Kecelakaan yang merenggut nyawa ini memunculkan kekhawatiran di kalangan masyarakat, khususnya terkait perilaku pengemudi Bus Trans Metro Deli yang dinilai sering ugal-ugalan.

Menyoroti kejadian ini, Pengamat Transportasi Sumatera Utara, Sukrinaldi angkat suara. Ia memberi kritik tajam terhadap penanganan transportasi publik.

Baca juga: Pengemudi Sepeda Motor Tewas Ditabrak Metro Deli

“Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, bagian dari Kementerian Perhubungan harus memastikan izin trayek diberikan secara selektif, terutama kepada armada bus Trans Metro Deli,” ujarnya, Kamis (22/2/24).

Sukrinaldi menegaskan perlunya penegakan aturan dan etika dalam mengelola kendaraan layanan publik, terutama perilaku pengemudi. Merujuk pada peraturan yang berlaku, dia menekankan pentingnya tindakan tegas dan uji kompetensi berkala bagi para pengemudi bus.

“Uji kompetensi harus dilakukan secara berkala untuk memastikan keterampilan dan pengetahuan pengemudi sesuai dengan standar keamanan,” imbuhnya.

Related Articles

Latest Articles