17.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

249 Siswa MTsN 1 Tapsel Jalani ANBK

Tapsel, MISTAR.ID

Sebanyak 249 siswa di (Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Tapanuli Selatan (Tapsel), menjalani hari pertama Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Senin (22/4/2024).

Kepala MTsN 1 Tapsel, Toharuddin Harahap melalui Ketua Panitia ANBK MTsN 1 Tapsel, Ikhsan Pakpahan menyebut, seluruh siswa kelas IX peserta ANBK di sekolah itu, menunjukkan tingkat kehadiran dan kesiapan yang baik.

“Ada 249 peserta didik kita (MTsN 1 Tapsel, yang mengikuti ANBK atau ujian secara online ini. Pelaksanaan terbagi dalam 3 lokasi. 143 peserta dilokasi induk (Sialagundi), 23 peserta di Bunga Bondar dan sisanya di Palsabolas,” terangnya.

Baca juga:Ini Perbedaan Ujian Nasional dan Asesmen Nasional

Disebut, ujian online tersebut berlangsung dari tanggal 22 hingga 29 April 2024. Dimana, pelaksanaan ANBK itu menjadi penentu lulus tidaknya peserta didik dari sekolah itu.

“Setelah pelaksanaan ANBK ini, peserta didik kelas IX juga akan lanjut menjalani ujian sumatif semester genap pada 6 hingga 11 Mei mendatang. Setelahnya, mereka tinggal menunggu pengumuman kelulusan,” ucap Ikhsan yang merupakan guru senior di sekolah dibawah naungan Kemenag yang berdomisili induk di Desa Sialagundi, Kecamatan Sipirok ini.

Disampaikan, pelaksanaan ujian berbasis digital ini diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan mutu pendidikan. Sejalan dengan itu, juga meningkatnya fasilitas penunjang belajar mengajar di madrasah atau sekolah itu.

“Adapun Mata Pelajaran yang masuk ujian online adalah bidang study umum dan keagamaan,” ungkapnya seraya merinci, untuk bidang study umum terdiri dari Matematika, Baha Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS TIK, Penjas dan Seni Budaya.

Baca juga:Pakai Sistem CBT, 333 Siswa SMK Negeri 1 Siantar Ikuti Asesmen Sekolah

Sedangkan untuk bidang study keagamaan, diantaranya, Fiqih, Bahasa Arab, Qur’an Hadist, Akidah Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

“Selain itu ada juga ujian prakter, yaitu Penjas dan Prakarya,” katanya mengakhiri. (amran/hm06)

Related Articles

Latest Articles