27.2 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Gempa Bumi Aceh dan Sumut, BMKG Ungkap Geodinamika Terkini

Medan, MISTAR.ID

Geodinamika bumi mengungkap misteri serentetan gempa bumi di Aceh dan Sumut sepanjang 2023. Balai Besar BMKG Wilayah I membeberkan penemuan menarik terkait aktivitas seismik, menyoroti daerah-daerah rawan gempa seperti Aceh Tengah, Tapak Tuan, dan Tarutung.

Senior seismologist, Chichi Nurhafizah, menjelaskan pemetaan pelepasan stress seismik rendah dan rapuhnya batuan di wilayah tertentu. Sesar Aceh Tengah, Sesar Batee di Tapak Tuan, dan Sesar Toru di Tarutung menjadi fokus studi. Ketiga sesar itu menunjukkan aktivitas yang sangat aktif.

“Pelepasan energi seismik dapat terjadi kapan saja, dan daerah seperti Takengon dan sekitarnya perlu diwaspadai,” ujarnya, Jumat (5/1/24).

Baca juga: Atasi Cuaca Esktrem, BMKG Koordinasi ke Pemda se-Sumut

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah I, Hendro Nugroho, memaparkan data menarik sepanjang 2023 di Sumatera Utara. Dengan 841 kejadian gempa, Agustus 2023 menjadi puncaknya dengan 160 kejadian, terutama di Tarutung. Analisis menyimpulkan, wilayah ini memiliki tingkat seismisitas tinggi.

“Jelas menunjukkan aktivitas seismik pada patahan aktif Sumatera. Pemahaman lebih mendalam terus diperlukan untuk menjaga kewaspadaan masyarakat terhadap potensi gempa bumi,” tuturnya. (Hutajulu/hm20)

Related Articles

Latest Articles