16.7 C
New York
Monday, September 23, 2024

Gangguan Hati-Usia Renta, Si Manis Harimau Sumatera Milik Medan Zoo Mati

Medan, MISTAR.ID

Harimau Sumatera bernama Si Manis milik Medan Zoo mati dalam kandangnya. Perginya Harimau betina ini menambah daftar panjang penghuni Medan Zoo yang mati di tengah amburadulnya pengelolaan di kebun binatang tersebut.

“Dari nekropsi (pemeriksaan) yang dilakukan Si Manis ada penyakit pada hati, jantung dan ginjalnya,” ujar dokter hewan Medan Zoo, drh Muhammad Syah, Jumat (20/9/24) malam.

dr Muhammad Syah mengatakan, dari ketiga organ tersebut, jantung dan ginjalnya mengalami penebalan diikuti terjadi benjolan berisi cairan dalam hatinya. Ia juga menjelaskan jika usia Harimau Sumatera di atas 20 tahun sudah termasuk kategori tua.

Diketahui usia Si Manis sudah 23 tahun, hewan tersebut juga mengalami penumpukan lemak pada pembungkus jantung dan beberapa organ lain. “Selanjutnya organ-organ tadi akan dilakukan pemeriksaan histopatologi (teknik diagnostik) ke laboratorium untuk memperkuat diagnosa sementara akibat kematian Harimau Si Manis,” jelasnya.

Baca Juga : Satu Lagi Harimau Sumatera Mati di Medan Zoo

Harimau koleksi Medan Zoo itu sudah dinyatakan sakit cukup parah sejak Mei 2024. Tetapi dengan perawatan yang dilakukan dengan intensif, Si Manis bisa bertahan dalam beberapa bulan.

“Dalam beberapa hari belakangan, Harimau betina itu sudah enggan mau makan daging, hingga akhirnya dinyatakan tidak bernyawa Jumat sore sekitar pukul 16.30 WIB. Setelah nekropsi hingga malam tadi, Si Manis sudah dikuburkan,” pungkas alumni Universitas Syah Kuala Aceh itu.

Bobby Unggah Kematian Si Manis di Instagram

Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyampaikan kabar duka mengenai matinya salah satu Harimau Sumatera tertua yang ada di Medan Zoo. Hal itu disampaikannya lewat akun Instagram pribadinya @bobbynst dilihat Mistar, Sabtu (21/9/24).

“Saya baru dapat informasi bahwa Manis yang sudah berusia 23 tahun dan merupakan salah satu Harimau Sumatera tertua di Medan Zoo telah tiada,” tulisnya. (berry/rahmad/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles