13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Sejumlah Media Asing Soroti Gudang Amunisi TNI di Indonesia Meledak

Jakarta, MISTAR.ID

Kebakaran Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) di perbatasan Kabupaten Bekasi-Bogor, Indonesia, menjadi sorotan sejumlah media asing, seperti China dan Singapura.

Media berbasis di China, South China Morning Post (SCMP) misalnya. Mereka mewartakan kebakaran tersebut menyebabkan serangkaian ledakan keras hingga menimbulkan api ke langit malam. SCMP juga menyoroti petugas pemadam kebakaran yang menggunakan mobil robot untuk membantu memadamkan api.

Salah satu media yang berbasis di Singapura, Channel News Asia (CNA), juga mewartakan hal serupa. CNA menyoroti pernyataan Pangdam Jaya Mayor Jenderal Mohammad Hasan bahwa gudang tersebut tidak memiliki listrik dan disebabkan oleh amunisi kedaluwarsa yang tidak stabil.

“Ledakan pertama terdengar sekitar pukul 18.00 (19.00 waktu Singapura) pada hari Sabtu di sebuah depot yang digunakan untuk menyimpan amunisi kadaluarsa di dalam kompleks militer dekat Jakarta,” tulis CNA dalam salah satu laporannya dilansir, Senin (1/4/24) malam.

Baca Juga : Gudang Amunisi Terbakar di Perbatasan Bogor dan Bekasi

Sementara, Media Malaysia, Free Malaysia Today menulis bahwa militer Indonesia tak merilis sejumlah benda berbahaya yang dilarang, tetapi memperingatkan warga untuk tak menyentuh karena dapat membahayakan. Mereka juga menyoroti penggunaan kendaraan mobil robot yang digunakan pemadam kebakaran RI.

Kebakaran yang melanda gudang amunisi RI tersebut berhasil dipadamkan pada Minggu (31/3/24) dini hari. Hingga kini, pihak TNI Indonesia memastikan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa yang terjadi di dekat pemukiman penduduk tersebut. TNI pun berjanji bakal mengevaluasi mekanisme penyimpanan amunisi usai peristiwa ini terjadi. (cnn/hm24)

Related Articles

Latest Articles