16.6 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Pesta Kembang Api Tandai Pergantian Tahun di Seluruh Dunia

Medan, MISTAR.ID

Pesta menyambut Tahun Baru 2024 dirayakan meriah di seluruh dunia letusan kembang api dan disaksikan miliaran pasang mata.

London dan Edinburgh memulai pertunjukan tengah malam mereka ketika negara-negara di seluruh dunia telah merayakan Tahun Baru dengan kembang api yang luar biasa.

Kerumunan besar berkumpul di London untuk menyaksikan pertunjukan kembang api yang luar biasa tahun ini — yang berlangsung selama 12 menit.

Foto-foto menakjubkan menunjukkan lanskap kota di seluruh dunia terang benderang dengan ledakan warna-warni.

Malam pergantian tahun di Paris, Prancis. (f: Getty/Mistar)

Pegunungan Triomphe di Paris menyala dengan awan merah muda dari kembang api dan “2024” dalam huruf besar yang diselingi penampilan mengesankan dari artis-artis di udara.

Amsterdam Tanpa Kembang Api

Meskipun kembang api konsumen dilarang di Amsterdam pada Malam Tahun Baru, kota ini tetap menampilkan pertunjukan yang luar biasa dengan tampilan cahaya elektronik.

Baca Juga: McDonald’s Malaysia Gugat Gerakan Anti Israel Rp20 Miliar

Berlin juga menampilkan bunga api merah muda yang mengesankan, dan Athena menyinari Akropolis dengan pertunjukan kembang api yang mengagumkan.

Ratusan roket kembang api melesat dari Burj Khalifa di Dubai – gedung tertinggi di dunia – saat tengah malam tiba di Timur Tengah.

Dan percikan warna-warni yang luar biasa juga menyinari langit di Hong Kong.

Malam pergantian tahun di Pelabuhan Victroria, Hong Kong. (f: Getty/Mistar)

Kembang Api Epik di Sydney

Sebelumnya, lebih dari sejuta orang membanjiri tepi air Sydney untuk berpesta sepanjang malam di depan pertunjukan kembang api epik – sebelum matahari terbenam di sebagian besar dunia.

Jalan-jalan dipadati penonton yang bergegas mencari posisi terbaik untuk menyaksikan pertunjukan kembang api yang sangat dinantikan ini – yang ditonton 425 juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya.

Ketika jam berdentang tengah malam di Sydney, ledakan kembang api melesat ke udara dalam pertunjukan selama 12 menit yang berfokus pada Jembatan Sydney Harbor.

“Ini benar-benar gila,” kata turis Jerman Janna Thomas, yang telah menunggu sejak pukul 7:30 pagi untuk mendapatkan tempat duduk bagus.

Pesta kembang api menyambut Tahun Baru 2024 di Sydney, Australia. (f: Getty/Mistar)

“Tidak mudah untuk menemukan tempat duduk yang bagus, tetapi pemandangan ini luar biasa,” imbuhnya, seperti dilansir TheSun.

Baca Juga: 106 Jurnalis di Gaza Palestina Dilaporkan Dibunuh Tentara Israel

Auckland adalah kota besar pertama yang menyambut tahun 2024, dengan ribuan orang bersorak-sorai menyaksikan pertunjukan kembang api yang bermunculan dari Menara Sky — bangunan tertinggi Selandia Baru.

Pertunjukan luar biasa juga terlihat di Bangkok saat ledakan kembang api besar menyinari langit malam di atas Grand Palace.

Dan pengunjung pesta menikmati pertunjukan bunga api yang sama mengesankan tepat di pantai Bali.

Pesta pergantian tahun di Bali. (f: Getty/Mistar)

Beberapa melepaskan lentera raksasa ke langit di Turki, dan yang lain mulai menggoreskan “2024” di udara dengan bunga api beberapa jam sebelum jam bahkan menunjukkan pukul 12 di Edinburgh.

Miliaran orang di seluruh dunia bersiap menyambut Tahun Baru – dengan puluhan ribu diperkirakan akan memadati jalan-jalan London sebelum lonceng Big Ben menggema.

Baca Juga: Jaksa Desak Pengadilan Banding AS Tolak Klaim Imunitas Trump

Namun, perayaan tahun ini akan diliputi oleh perang yang sedang berlangsung di Ukraina dan Gaza, yang telah menghiasi festivitas dan meningkatkan ketegangan di beberapa bagian dunia.

Banyak kota meningkatkan keamanan tambahan dan beberapa tempat bahkan membatalkan acara Tahun Baru sama sekali.

Paus Ingatkan Tahun Perang

Di Vatikan, Paus Fransiskus mengingatkan 2023 sebagai tahun yang ditandai oleh perang saat misa Minggu tradisional dari jendela yang menghadap Lapangan St Peter.

Pesta pergantian tahun di Nairobi, Kenya. (f: Getty/Mistar)

Ia mendoakan bagi rakyat Ukraina yang tertekan dan penduduk Palestina dan Israel, rakyat Sudan, dan banyak orang lain.

“Di akhir tahun, kita perlu memiliki keberanian untuk bertanya berapa banyak kehidupan manusia yang telah hancur oleh konflik bersenjata. Berapa banyak yang mati dan berapa banyak kerusakan, berapa banyak penderitaan, berapa banyak kemiskinan,” katanya.

“Siapa pun yang memiliki kepentingan dalam konflik ini, dengarkanlah suara hati nurani,” lanjut Paus.

Eropa Tingkatkan Keamanan

Keamanan juga akan ditingkatkan di kota-kota Eropa pada hari Minggu.

Di Prancis, 90.000 petugas keamanan dikerahkan, kata Kepala Intelijen Dalam Negeri Cline Berthon Jumat lalu.

Pesta menyambut Tahun Baru 2024 di Istanbul, Turki. (f: Getty/Mistar)

Dari jumlah itu, 6.000 akan berada di Paris, di mana Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin mengatakan lebih dari 1,5 juta orang diperkirakan akan menghadiri perayaan di Champs-Elysees.

Perayaan Tahun Baru di ibu kota Prancis berfokus pada Olimpiade Paris 2024, termasuk set DJ, kembang api, dan proyeksi video di Arc de Triomphe.

Baca Juga: Kapolda Pastikan Stok BBM di Sumut Aman Selama Masa Tahun Baru

Keamanan menjelang Olimpiade menjadi sorotan ketika seorang turis tewas dalam serangan senjata tajam di dekat Menara Eiffel pada 2 Desember lalu.

Di Berlin, sekitar 4.500 polisi diharapkan akan menjaga ketertiban dan menghindari kerusuhan seperti setahun yang lalu. Polisi di ibu kota Jerman mengeluarkan larangan penggunaan kembang api tradisional untuk beberapa jalan di seluruh kota.

Mereka juga melarang protes pro-Palestina di lingkungan Neukoelln kota, akibat beberapa kerusuhan yang terjadi saat unjuk rasa sejak serangan Hamas pada 7 Oktober.

Pesta pergantian tahun di London, Inggris. (f: Getty/Mistar)

Rusia Batalkan Pesta Kembang Api

Di Rusia, perang menghancurkan di Ukraina telah menghalangi perayaan akhir tahun. Pesta kembang api dan konser yang biasanya digelar di Lapangan Merah Moskow dibatalkan lagi tahun ini.

Setelah serangan roket Ukraina menghantam pusat kota perbatasan Rusia, Belgorod, pada Sabtu, menewaskan 24 orang, beberapa otoritas setempat di Rusia juga membatalkan pertunjukan kembang api biasa mereka, termasuk di Vladivostok.

Namun, jutaan orang di seluruh Rusia menyaksikan pidato Tahun Baru Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pesta pergantian tahun di Burj Khalifa, Dubai. (f: Getty/Mistar)

Di Times Square New York, pejabat dan penyelenggara pesta mengatakan mereka siap menyambut puluhan ribu penonton di jantung Midtown Manhattan dan memastikan keselamatan mereka.

Wali Kota New York, Eric Adams, mengatakan tidak ada ancaman khusus untuk pesta Tahun Baru tahunan, yang akan menampilkan pertunjukan langsung dari Flo Rida, Megan Thee Stallion, dan LL Cool J, serta penampilan di televisi dari Cardi B dan lainnya.

Baca Juga: Dua Jenazah Terakhir Korban Gempa China Ditemukan

Penyelenggara mengatakan kehadiran langsung diperkirakan akan kembali ke tingkat sebelum Covid.

Di tengah protes hampir setiap hari di New York yang dipicu oleh perang Israel-Hamas di Gaza, polisi memperluas perimeter keamanan di sekitar pesta untuk membuat zona buffer.

“Kami akan berada di sini dengan anjing kami, berkuda, helikopter kami, kapal kami,” kata Adams. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles