12.6 C
New York
Friday, April 26, 2024

Korut Uji Coba Rudal Hipersonik

Pyongyang, MISTAR.ID

Korea Utara (Korut) telah menggelar uji coba mesin jet berbahan bakar solid untuk rudal hipersonik jangkauan menengah tipe baru, yang dipantau langsung oleh pemimpin Korut, Kim Jong Un, Selasa (19/3) waktu setempat.

Menurut laporan dari Korean Central News Agency (KCNA), uji coba tersebut dianggap sukses oleh Korut. Dimana, sistem senjata tersebut memiliki nilai strategis militer yang sama pentingnya dengan rudal balistik antar benua (ICBM).

Sebelumnya, Korut juga telah melakukan serangkaian uji coba lapangan untuk mesin berbahan bakar solid jenis terbaru untuk rudal balistik jarak menengah (IRBM).

Baca juga: Tembakkan Roket Korut Dirancang Targetkan Seoul

Menurut presiden Universitas Studi Korea Utara di Seoul, Korea Selatan, Yang Moo Jin, Pyongyang tampaknya memanfaatkan hubungan yang lebih kuat dengan Rusia untuk mempercepat tujuan pembangunan pertahanan yang penting.

“Hal ini mengingat Moskow, yang baru-baru ini memperkuat hubungannya dengan Korut, biasanya dipandang sebagai pemimpin dunia dalam teknologi senjata hipersonik,” jelas Moo Jin.

Perlu diketahui, rudal hipersonik mampu melesat dengan kecepatan setidaknya Mach 5 atau lima kali kecepatan suara, dan dapat bermanuver di tengah penerbangan, sehingga lebih sulit untuk dilacak, dicegat, atau ditembak jatuh. (Reuters/hm20)

Related Articles

Latest Articles