31.7 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Dua Helikopter Militer Jepang Jatuh ke Laut, 1 Tewas 7 Lainnya Hilang

Tokyo, MISTAR.ID

Satu orang tewas, sementara 7 lainnya dinyatakan masih hilang saat dua helikopter militer Jepang tabrakan dan jatuh ke laut, Sabtu (20/4/24). Juru bicara Self-Defense Force (SDF) Jepang menyatakan korban diklaim sempat berhasil diselamatkan, sebelum akhirnya meninggal dunia.

Menteri Pertahanan Jepang Minoru Kihara menyebut tim penyelamat yang diterjunkan sempat melihat bangkai helikopter di laut.

“Jatuh. Saat ini penyebabnya belum diketahui, namun pertama-tama kami melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan nyawa (korban),” ucap Kihara dikutip dari AFP, Minggu (21/4/24).

Dugaan bahwa dua helikopter militer itu bertabrakan juga dikonfirmasi Kihara. Menurutnya, tim dari Kementerian Pertahanan menemukan catatan penerbangan kedua helikopter berada di lokasi yang berdekatan.

Baca Juga : Jepang dan NASA Sediakan Mobil untuk Astronot Menjelajah di Bulan

Helikopter milik Jepang itu diduga jatuh pada malam hari, ketika sedang melakukan latihan. Mereka diyakini tengah berlatih untuk melawan kapal selam di sekitar lepas pantai Kepulauan Izu di Samudra Pasifik.

“Alat perekam penerbangan sedang dianalisis,” ucap Kepala Staf Maritime Self-Defense Force (MSDF) Jepang, Ryo Sakai.

Pihak terkait juga tengah meminta keterangan awak helikopter ketiga yang ikut dalam latihan tersebut. Armada itu disebut ikut latihan bersama dua helikopter yang jatuh, tetapi tidak menjadi korban kecelakaan.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles