20.2 C
New York
Thursday, June 27, 2024

Nekat Jadi Kurir 13 Kg Sabu, Warga Medan Labuhan Divonis Seumur Hidup

Medan, MISTAR.ID

Suparman (49), seorang warga asal Kecamatan Medan Labuhan divonis penjara seumur hidup oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan setelah nekat menjadi kurir narkoba jenis sabu seberat 13 kg.

Majelis hakim yang diketuai Muhammad Kasim menyatakan perbuatan Suparman telah terbukti bersalah melanggar pasal 114 ayat (2) Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika sebagaimana dakwaan primer.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Suparman oleh karena itu dengan pidana penjara selama seumur hidup,” tegas Kasim di Ruang Sidang Cakra 5 PN Medan, pada Kamis (27/6/24).

Baca juga:PT Medan Anulir Vonis 17 Tahun Penjara Kurir Sabu Asal Aceh Timur

Menurut Hakim, hal-hal yang memberatkan, perbuatan Suparman tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaran gelap narkoba. Sementara hal-hal yang meringankan tidak ada.

Usai membacakan putusan, Hakim mengajukan pertanyaan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan Suparman yang mengikuti persidangan secara daring terkait apakah mengajukan banding, menerima, atau pikir-pikir.

Mendengar pertanyaan itu, terdakwa pun langsung mengatakan terima. Sedangkan JPU menyatakan pikir-pikir. Sebab dalam tuntutannya, jaksa menuntut Suparman dengan pidana mati.

Dalam dakwaan disebutkan, pada Minggu (14/12/23) pria bernama Rasyid menghubungi Suparman untuk menjemput sabu seberat 13 kg ke perairan laut lepas perbatasan Indonesia-Malaysia bersama dengan 3 orang suruhannya.

Baca juga:Hukuman Kurir Sabu Jen Ling Diperberat PT Medan Jadi 20 Tahun Penjara

Kemudian, 2 hari kemudian, Suparman diberikan titik koordinat lokasi penjemputan barang haram tersebut. Suparman juga diberikan kode 87 sebagai kata sandi kepada orang yang nantinya memasok sabu ke perahu motor yang dinaiki Suparman, serta ditransfer uang sebesar Rp 10 juta.

Saat itu, Suparman bersama ketiga orang suruhan Rasyid berangkat dari Pesisir Pantai Kelurahan Kampung Nelayan, Kecamatan Medan Labuhan, dengan mengikuti titik koordinat penjemputan sabu tersebut.

Minggu (17/12/23) malam sekira pukul 21.00 WIB, Suparman bertemu dengan perahu motor warna kuning berbendera Malaysia yang diawaki oleh 3 orang laki-laki.

Setelah menerima 13 kg sabu itu, terdakwa dan rombongannya pun kembali pulang. Di perjalanan, Suparman membuka tas kain dengan motif garis-garis dan mengambil 5 bungkus plastik kemasan sabu dan memindahkannya ke dalam tas ransel warna abu-abu.

Baca juga:Terbukti Jadi Kurir Sabu, Oknum TNI ini Divonis 6 Tahun Penjara dan Dipecat

Usai dipindahkan, tas ransel ditutupi dengan kain sarung bantal motif bunga. Lalu, Suparman simpan di dalam ember plastik berwarna putih.

Sedangkan 8 bungkus sabu lainnya masih tetap disimpan di dalam tas kain motif garis-garis. Suparman selanjutnya menghubungi saksi Dahliana (istrinya) untuk menjemputnya di Pesisir Pantai Unjung Tanjung, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

Istri Suparman pun tiba pada Senin (18/12/23) malam di lokasi penjemputan dengan mengendarai becak motor (betor). Dalam perjalanan pulang, becak motor dikendarai Dahliana diberhentikan oleh Tim Ditresnarkoba Polda Sumatera Utara (Sumut). (deddy/hm16)

Related Articles

Latest Articles