31.8 C
New York
Monday, June 24, 2024

Aksi Curanmor Nyaris Tak Terbendung di Medan, Polisi Himbau Pakai Kunci Ganda

Medan, MISTAR.ID

Aksi kejahatan jalanan dengan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) sejak beberapa waktu terakhir mulai marak di Kota Medan dan sekitarnya.

Menanggapi hal itu, sejumlah Kepala Kepolisian Resor (Kapolsek) di Kota Medan menghimbau masyarakat untuk menggunakan kunci ganda saat memarkir kendaraannya.

Himbauan tersebut datang dari Kapolsek Medan Kota, Kompol Selvintriansih. Dia menghimbau kepada seluruh warga di wilayah hukum (wilkum) Polsek Medan Kota agar menggunakan kunci ganda kendaraan.

Baca juga:Curanmor Buat Resah, Kapolsek Imbau Warga Gunakan Alat Pengaman Tambahan

“Ketika kriminalitas curanmor semakin meningkat di wilayah Polsek Medan Kota, kami dari Polsek Medan Kota menghimbau pada seluruh masyarakat sekitar agar dapat menggunakan kunci pengaman ganda untuk kendaraan sepeda motor,” ujar Silvi dalam video singkat yang dilihat mistar.id, pada Sabtu (8/6/24) melalui kata-kata himbauan yang dibagikan langsung di akun sosial media (sosmed) Polsek Medan Kota.

Dalam kesempatan itu, polisi wanita (polwan) ini turut memperagakan bagaimana cara menggunakan kunci ganda kendaraan dengan baik.

“Contohnya seperti yang saya pegang saat ini. Kunci ganda tersebut bisa didapatkan di toko-toko bangunan atau sparepart, kisaran harganya mulai dari Rp 80 ribu hingga 100 ribu,” ujarnya sambil menunjuk kunci ganda berbentuk tali berwarna hijau hitam di tangannya.

Baca juga:Marak Curanmor, Kapolsek Medan Timur Sarankan Pengendara Pakai Kunci Ganda

Lanjut dia, kunci ganda ini sangat simpel penggunaannya. “Kunci pengaman ini bisa kita buka terlebih dahulu. Kemudian kita masukkan dan kaitkan di shockbreaker ban sepeda motor. Kemudian kita kunci klik, cabut kuncinya dan kita tutup,” bebernya yang turut didampingi salah seorang anggota Polri lainnya.

Selvi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap berhati-hati tentang terjadinya kejahatan di wilayah Polsek Medan Kota. Dia juga menyebut pihaknya akan terus melakukan patroli untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

“Kami akan selalu melakukan patrol di wilayah Polsek Medan Kota tetap menjadi pioneer keamanan baik untuk diri sendiri dan lingkungannya. Kami Polsek Medan Kota salam presisi,” ujarnya mengakhiri.

Baca juga:Aksi Curanmor Teman Kerja di Talawi Terekam CCTV, Warga Humbahas Diringkus dari Riau

Sebelumnya, Kapolsek Patumbak, Kompol Faidir Chaniago juga menghimbau masyarakat untuk membeli 2 alat pengaman kendaraan. Faidir, menyebut, jika harganya tidak terlalu mahal.

“Harganya murah yang ini Rp 200 ribu, yang ini Rp 70 ribu,” ujar Perwira Menengah (Pamen) Polri itu sambil menunjukan 2 alat di tangannya.

Faidir pun menghimbau seluruh masyarakat di Kecamatan Patumbak dan Kecamatan Amplas, Kota Medan untuk mengantisipasi atau mengurangi sepeda motornya mengalami kehilangan selama ini. (matius/hm16)

Related Articles

Latest Articles