16.4 C
New York
Monday, April 15, 2024

Petani Cabai Mengeluh Harga Jual Naik Turun

Tanah Karo, MISTAR.ID

Harga cabai di pasaran merangkak naik. Namun, petani cabai di Kecamatan Brastagi Kabupaten Tanah Karo mengeluh. Pasalany, harga pengambilan dari petani naik turun dan tergantung cuaca.

“Kita jual pagi harganya bisa Rp38.000 per Kg untuk cabai hijau. Sorenya bisa terjun bebas hanya dihargai Rp30.000 per Kg,” ujar Sari Beru Ginting Suka, petani cabai di Brastagi, Senin (19/2/24) malam.

Disebutkan ibu 2 anak tersebut, cuaca juga mempengaruhi. “Jika selesai dipanen turun hujan dipastikan harga jual di ladang akan turun drastis,” ucapnya.

Pun begitu, Sari mengucap syukur atas naiknya harga cabai di petani dan di pasaran. Sehingga, para petani bisa menutupi biaya yang telah dikeluarkan untuk modal menanam cabai dan ada keuntungan.

“Kalau hujan turun, pembeli cabai yang datang ke ladang berteduh. Sehingga cabai yang dipanen menumpuk dan harganya jadi turun,” ungkapnya.

Baca Juga : Kenaikan Harga Cabai di Deli Serdang Merata

Diberitakan sebelumnya, saat ini harga cabai dan bawang di pasar tradisional Tanjung Morawa dan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang mengalami kenaikan.

Harga cabai merah saat ini Rp58.000 per Kg, sebelumnya hanya Rp52.000 per Kg. Begitu juga dengan cabai hijau sebelumnya hanya Rp25.000 per Kg, kini naik menjadi Rp45.000 per Kg.

Sementara cabai rawit mengalami kenaikan 100 persen dari sebelumnya hanya Rp36.000 per Kg, tembus mencapai Rp 60.000 per Kg. (sembiring/hm24)

Related Articles

Latest Articles